Bagaimana Pendapat Yesus Tentang Memberi Pengampunan?

Bagaimana pendapat Yesus tentang memberi pengampunan?

Jawaban:

Pendapat Yesus tentang memberi pengampunan adalah keharusan 
tanpa batas bagi para pengikut-Nya, karena mencerminkan kasih Allah yang tak terhingga dan membebaskan kita dari kebencian serta membuka jalan menuju kedamaian.

Penjelasannya:

Yesus, dalam Matius 18:21-35, menyampaikan ajaran yang tegas tentang pengampunan. Beliau menegaskan bahwa pengampunan adalah keharusan bagi para pengikut-Nya. Alasannya, pengampunan mencerminkan kasih Allah yang tak terhingga kepada manusia, membebaskan diri dari belenggu dendam dan kebencian, serta menjadi kunci untuk memulihkan hubungan dan menjaga persaudaraan.

Yesus tidak memberikan batasan berapa kali kita harus mengampuni. Dia menggunakan frasa "tujuh puluh kali tujuh kali" (ayat 22) untuk menekankan bahwa pengampunan haruslah tanpa batas, seperti kasih Allah yang tak terhingga. Pengampunan juga menjadi syarat untuk menerima pengampunan dari Allah, sebagaimana diajarkan Yesus dalam perumpamaan Hamba yang Tidak Berbelaskasihan.

Yesus memandang pengampunan sebagai nilai yang esensial bagi para pengikut-Nya. Mengampuni bukan hanya menunjukkan kasih kepada sesama, tetapi juga membebaskan diri dari beban dan membuka jalan menuju kedamaian. Dengan meneladani Yesus, kita diajak untuk selalu mengampuni dengan lapang dada, tanpa batas, dan dengan kasih yang tulus.