Apakah yang Dilakukan Sekolah Untuk Mengembangkan Keagamaan Muridnya?

Apakah yang dilakukan sekolah untuk mengembangkan keagamaan muridnya?

Jawaban:

Yang dilakukan sekolah untuk mengembangkan keagamaan muridnya adalah:
  • Menumbuhkan kemampuan memberi penilaian yang cermat terhadap nilai-nilai agama
  • Memperkenalkan harta warisan budaya keagamaan
  • Meningkatkan kesadaran akan tata nilai keagamaan
  • Memupuk rukun persahabatan dan saling memahami antar murid yang berbeda agama.

Penjelasannya:

Dokumen Pernyataan tentang Pendidikan Kristen artikel 5 menegaskan peran penting sekolah dalam mengembangkan keagamaan muridnya. Sekolah bukan hanya tempat untuk menimba ilmu pengetahuan, tetapi juga tempat untuk menumbuhkan nilai-nilai moral dan spiritual.

Salah satu cara sekolah dalam mengembangkan keagamaan muridnya adalah dengan menumbuhkan kemampuan mereka untuk menilai dengan cermat nilai-nilai moral dan keagamaan. Hal ini dilakukan melalui pengajaran tentang ajaran agama, penyelenggaraan kegiatan keagamaan, dan mendorong refleksi diri.

Sekolah juga dapat memperkenalkan murid kepada kekayaan budaya keagamaan melalui berbagai cara, seperti mengajar sejarah agama, mengunjungi tempat-tempat ibadah, dan mengadakan pameran budaya keagamaan.

Kesadaran akan tata nilai keagamaan murid dapat ditingkatkan melalui pembahasan isu-isu etika dan moral, penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat, dan penyediaan konseling spiritual.

Rukun persahabatan dan saling memahami di antara murid yang berbeda agama dapat dipupuk melalui berbagai cara, seperti mendorong interaksi antar agama, menyelenggarakan festival budaya, dan mengajarkan toleransi dan saling menghormati.

Sikap saling memahami dapat dikembangkan melalui dialog antar agama, pengajaran tentang agama lain, dan penyelenggaraan seminar tentang agama.