Apa Pesan dari Ajaran Gereja Katolik yang Termuat dalam Gaudium Et Spes Artikel 78?

Apa pesan dari ajaran Gereja Katolik yang termuat dalam Gaudium et Spes artikel 78?

Jawaban:

Pesan dari ajaran Gereja Katolik yang termuat dalam Gaudium et Spes artikel 78 adalah bahwa perdamaian sejati bukan hanya tentang ketiadaan perang, tetapi merupakan hasil dari keadilan dan cinta kasih. Kita semua dipanggil untuk membangun perdamaian dengan bekerja untuk menciptakan masyarakat yang adil dan penuh kasih.

Penjelasannya:

Ajaran Gereja Katolik dalam Gaudium et Spes artikel 78 menegaskan bahwa perdamaian sejati melampaui ketiadaan perang dan merupakan hasil dari keadilan dan cinta kasih. Perdamaian sejati tercipta ketika semua orang memiliki akses ke kebutuhan dasar, diperlakukan dengan hormat dan martabat, tanpa diskriminasi.

Keadilan menjadi landasan perdamaian. Ketidakadilan dan ketimpangan memicu konflik dan kekerasan. Oleh karena itu, membangun masyarakat yang adil dan merata, di mana semua orang memiliki kesempatan yang sama, merupakan langkah penting untuk mencapai perdamaian.

Kekuatan pendorong perdamaian adalah cinta kasih. Keinginan untuk kebaikan orang lain mendorong kita untuk menciptakan kondisi yang damai dan sejahtera. Kita akan lebih mudah untuk memaafkan, berbelas kasih, dan membantu orang lain yang membutuhkan.