Apa Maksud Jawaban Yesus Seperti Itu?

Apa maksud jawaban Yesus seperti itu?

Jawaban:

Maksud jawaban Yesus seperti itu adalah untuk menunjukkan bahwa kesetiaan utama manusia adalah kepada Allah, meskipun ketaatan kepada pemerintah juga penting. Yesus tidak ingin terjebak dalam pertanyaan tentang pajak yang merupakan jebakan politik, sehingga Dia memberikan jawaban yang cerdas dan membuka jalan untuk diskusi lebih lanjut tentang hubungan antara agama dan politik.

Penjelasannya:

Ketika dihadapkan dengan pertanyaan jebakan tentang pajak dari orang Farisi dan Herodian, Yesus memberikan jawaban yang cerdas dan penuh makna. Jawabannya menunjukkan beberapa hal penting.

Pertama, Yesus menunjukkan bahwa Dia tidak terjebak dalam permainan politik mereka. Dia tidak langsung menjawab pertanyaan tentang pajak, tetapi meminta mereka menunjukkan koin dinar yang digunakan untuk membayar pajak. Hal ini menunjukkan bahwa Yesus tidak mudah dimanipulasi dan selalu berpikir kritis.

Kedua, Yesus menegaskan bahwa ada dua kewajiban yang berbeda: kepada Kaisar dan kepada Allah. Dia menyatakan bahwa orang harus membayar pajak kepada Kaisar karena gambar dan tulisan pada koin adalah milik Kaisar. Namun, Yesus juga menekankan bahwa ada kewajiban yang lebih tinggi kepada Allah, yang harus diutamakan.

Ketiga, Yesus membuka jalan untuk diskusi lebih lanjut tentang hubungan antara agama dan politik. Jawabannya tidak memberikan jawaban yang mudah, tetapi mendorong orang untuk berpikir lebih dalam tentang topik ini.

Keempat, Yesus menunjukkan kebijaksanaan dan kecerdasan-Nya. Dia mampu menghindari jebakan dan memberikan jawaban yang bermakna dan membuka ruang untuk diskusi.

Kesimpulannya, jawaban Yesus dalam Markus 12:13-17 menunjukkan bahwa Dia adalah seorang guru yang bijaksana, berani, dan peduli dengan kesejahteraan manusia. Dia tidak takut untuk menantang otoritas dan mengajar tentang nilai-nilai yang lebih tinggi. Jawabannya juga menunjukkan bahwa Dia adalah seorang yang taat kepada Allah dan yang selalu berpikir kritis dalam menghadapi situasi yang sulit.