Apa Keterbatasan atau Kekurangan yang Dimiliki oleh Yeremia dan Lewi?

Apa keterbatasan atau kekurangan yang dimiliki oleh Yeremia dan Lewi?

Jawaban:

Keterbatasan atau kekurangan yang dimiliki oleh Yeremia dan Lewi adalah Yeremia merasa tidak pandai berbicara dan Lewi memiliki masa lalu sebagai pemungut cukai yang dianggap negatif. Namun, keterbatasan mereka bukan halangan untuk melayani Tuhan karena Dia selalu memberi kekuatan kepada mereka yang mau taat dan percaya.

Penjelasannya:

Yeremia dan Lewi, dua individu dengan keterbatasan yang berbeda, justru terpilih untuk menjalankan misi penting Tuhan. Yeremia, yang merasa kurang pandai berbicara (Yeremia 1:6), ditunjuk sebagai nabi untuk menyampaikan pesan Tuhan kepada bangsa-bangsa. Di sisi lain, Lewi, seorang pemungut cukai yang dipandang negatif oleh masyarakat (Lukas 5:27), diundang Yesus untuk menjadi muridNya.

Meskipun memiliki keterbatasan, Tuhan melihat potensi dan kerelaan mereka untuk taat dan percaya kepadaNya. Yeremia diperkuat dengan janji Tuhan untuk memberinya kemampuan berbicara (Yeremia 1:7-8), sedangkan Lewi diterima Yesus tanpa mempedulikan masa lalunya.

Kisah mereka berdua menjadi bukti bahwa Tuhan tidak melihat keterbatasan manusia, melainkan kemauan untuk belajar, bertumbuh, dan melayani Dia. Yeremia dan Lewi menginspirasi kita untuk tidak ragu dalam melayani Tuhan, karena Dia selalu memberikan kekuatan dan bimbingan bagi mereka yang tulus dan berserah diri kepadaNya.