Apa Itu Visi Indonesia 2045 dan Keempat Pilar Utama Pembangunannya?

Apa itu Visi Indonesia 2045 dan keempat pilar utama pembangunannya?

Jawaban:

Visi Indonesia 2045 dan keempat pilar utama pembangunannya adalah cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur pada tahun 2045. Keempat pilar tersebut adalah:
  • Pembangunan Manusia dan Penguasaan IPTEK
  • Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan
  • Pemerataan Pembangunan
  • Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintahan

Penjelasannya:

Visi Indonesia 2045 merupakan cita-cita bangsa Indonesia untuk mencapai status negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur tepat satu abad setelah kemerdekaan. Untuk mewujudkannya, empat pilar utama pembangunan menjadi landasan fundamental:

1. Pembangunan Manusia dan Penguasaan IPTEK

Pilar ini fokus pada peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia melalui pendidikan merata, peran budaya dalam pembangunan, kontribusi IPTEK, derajat kesehatan yang optimal, dan reformasi ketenagakerjaan. Upaya ini diwujudkan dengan meningkatkan akses pendidikan berkualitas, mengembangkan budaya kreatif dan inovatif, mendorong penelitian dan pengembangan teknologi, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan menciptakan lapangan kerja yang layak.

2. Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Pilar ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Hal ini dicapai dengan meningkatkan iklim investasi, memperluas perdagangan luar negeri, mengembangkan industri kreatif dan digital, membangun infrastruktur ekonomi maritim, meningkatkan ketahanan pangan, dan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

3. Pemerataan Pembangunan

Pilar ini menitikberatkan pada pembangunan yang merata di seluruh wilayah Indonesia, sehingga tidak ada kesenjangan antara daerah maju dan tertinggal. Upaya ini dilakukan dengan mempercepat pengentasan kemiskinan, meningkatkan pemerataan pendapatan, membangun infrastruktur yang merata, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di seluruh wilayah Indonesia.

4. Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintahan

Pilar ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan yang baik. Hal ini diwujudkan dengan meningkatkan demokrasi yang mengemban amanat rakyat, melakukan reformasi birokrasi dan kelembagaan, memperkuat sistem hukum nasional dan antikorupsi, melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif, dan memperkuat pertahanan dan keamanan.

Keempat pilar utama ini saling terkait dan saling mendukung untuk mencapai Visi Indonesia 2045. Dengan kerja sama dan komitmen dari seluruh elemen bangsa, mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga individu, Indonesia diharapkan dapat mencapai cita-citanya menjadi negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur.

Pencapaian Visi 2045 membutuhkan usaha kolektif dan berkelanjutan dari semua pihak. Dengan meningkatkan kualitas manusia, mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, mewujudkan pemerataan pembangunan, dan memperkuat ketahanan nasional, Indonesia dapat melangkah maju menuju masa depan yang gemilang.