Mesias Seperti Apa yang Digambarkan dalam Ayat 31 Kutipan Tersebut?

Mesias seperti apa yang digambarkan dalam ayat 31 kutipan tersebut?

Jawaban:

Mesias yang digambarkan dalam Markus 8:31 adalah Mesias yang berbeda dari Mesias yang diharapkan oleh banyak orang pada masa itu. Dia bukan Mesias yang gagah perkasa dan berkuasa secara politik, melainkan Mesias yang akan menanggung banyak penderitaan, ditolak oleh para pemimpin agama, dan dibunuh.

Penjelasannya:

Berbeda dengan ekspektasi banyak orang, Mesias yang digambarkan dalam Markus 8:31 bukanlah pemimpin politik yang gagah perkasa. Justru, Dia adalah pribadi yang akan menanggung banyak penderitaan, ditolak oleh para pemimpin agama, bahkan dibunuh. Namun, Dia akan bangkit dari kematian setelah tiga hari.

Gambaran Mesias yang menderita dan ditolak ini berbeda dengan harapan Petrus, yang sebelumnya menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias. Ketika Yesus berbicara tentang penderitaan dan kematian-Nya, Petrus menegurnya karena tidak memahami Mesias yang sesungguhnya.

Pada masa itu, orang-orang umumnya menantikan Mesias sebagai pemimpin politik yang kuat dan berkuasa yang akan membebaskan mereka dari penjajahan Romawi. Namun, Yesus menegaskan bahwa Mesias yang sesungguhnya adalah pribadi yang akan datang untuk melayani dan menebus dosa manusia. Dia harus menanggung penderitaan dan kematian sebagai bagian dari rencana Allah untuk keselamatan manusia.

Mesias yang digambarkan dalam Markus 8:31 adalah Mesias yang berbeda: Mesias yang menderita dan melayani. Dia bukan datang untuk mencari kekuasaan dan kejayaan, melainkan untuk memberikan diri-Nya bagi keselamatan manusia.