Kelebihan dan Kekurangan Laptop ASUS Zenbook Duo UX8406, Laptop Ganda Impian atau Gimmick Mahal?


Sobat tekno, pernah gak sih kepikiran punya laptop dengan dua layar? ASUS Zenbook Duo UX8406 nih jawabannya! Laptop ini baru aja rilis di Indonesia dan udah bikin geger para pecinta teknologi. Tapi, worth it gak sih buat dibeli? Yuk, kita bongkar kelebihan dan kekurangannya bareng-bareng!

Kelebihan

1. Dua Layar OLED 14 inci

Laptop ini beda dari yang lain karena punya dua layar OLED 14 inci. Bayangin deh, serasa punya dua laptop sekaligus! Gak cuma gimmick, dua layar ini punya banyak keuntungan lho!

Multitasking jadi makin mudah dan efektif. Mau nonton Youtube sambil ngedit tugas? Atau buka dua browser web buat riset? Semua bisa dengan Zenbook Duo UX8406! Tinggal drag and drop file, gambar, atau teks antar layar. Gak perlu ribet minimize dan maximize jendela lagi! Fitur ScreenXpert 3.0 juga bikin kamu makin mudah atur layout layar sesuai kebutuhanmu.

Kedua layarnya juga super jernih dan tajam karena menggunakan teknologi OLED. Warna-warnanya lebih hidup dan akurat, cocok banget buat para desainer dan kreator konten. Resolusi 3K dan refresh rate 120Hz bikin pengalaman menonton video dan bermain game makin smooth dan menyenangkan. Gak cuma itu, layarnya juga aman untuk mata dan tersertifikasi PANTONE Validated dan TÜV Rheinland.

Buat kamu yang suka berkarya, Zenbook Duo UX8406 juga dilengkapi dengan ASUS Pen 2.0. Layar OLEDnya touchscreen lho! Kamu bisa menggambar, menulis, dan mencoret-coret langsung di layarnya dengan presisi dan halus.

2. Performa Ngebut

Pernah gak sih kamu bete gara-gara laptop lemot dan ngelag saat dipakai? Nah, kamu gak perlu khawatir lagi kalo punya Zenbook Duo UX8406! Laptop ini performanya ngebut banget lho!

Dibalik desainnya yang stylish, Zenbook Duo UX8406 dibekali prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H yang super powerful. Prosesor ini 40% lebih cepat dibandingkan prosesor generasi sebelumnya, dan punya 8 core dan 16 threads yang bikin laptop ini multitasking dengan mudah. Cocok banget deh buat kamu yang suka ngedit video, desain grafis, atau main game berat.

Gak cuma prosesornya, Zenbook Duo UX8406 juga dilengkapi grafis Intel® Arc™ yang 2x lebih powerful dibandingkan grafis terintegrasi sebelumnya. Grafis ini bikin game dan aplikasi grafis berjalan lebih lancar, dan kamu bisa ngedit video dengan kualitas tinggi. Cocok banget buat kamu yang suka main game, streaming video, atau membuat konten kreatif.

Zenbook Duo UX8406 juga dilengkapi RAM 16GB dan SSD 1TB. RAM 16GB bikin laptop ini gak lemot saat membuka banyak aplikasi sekaligus. SSD 1TB bikin kamu bisa menyimpan banyak file dan membuka aplikasi dengan lebih cepat.

3. Desain Stylish dan Ringan

Lupakan anggapan bahwa laptop dua layar selalu tebal dan berat! Zenbook Duo UX8406 hadir dengan desain super ramping dan ringan, siap menemani mobilitasmu. Bobotnya cuma 1.39 kg dan ketebalan 1.46 cm, gak bakalan ribet dibawa kemana-mana. Mau masuk tas ransel atau tas selempang pun muat!

Tersedia dalam dua pilihan warna: Celestial Blue yang kalem dan Terracotta yang berani, Zenbook Duo UX8406 memancarkan aura stylish dan premium dengan finishing aluminium yang kokoh. Gak cuma keren, laptop ini juga praktis digunakan. Engsel layarnya bisa dibuka hingga 180 derajat, dan keyboardnya bisa dilepas untuk fleksibilitas maksimal dalam berbagai mode penggunaan.

4. Fitur Canggih

Gak cuma punya dua layar dan performa ngebut, Zenbook Duo UX8406 juga dilengkapi banyak fitur canggih yang bikin kamu makin produktif dan kreatif.

Fitur ScreenXpert 3.0 memungkinkan kamu mengontrol layar kedua dengan mudah. Kamu bisa menarik dan meletakkan aplikasi ke layar kedua, membuka beberapa aplikasi sekaligus, dan menyesuaikan layout layar sesuai kebutuhanmu. Banyak aplikasi yang sudah dioptimalkan untuk ScreenXpert 3.0, seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan Google Chrome.

ASUS Pen 2.0 memungkinkan kamu menggambar, menulis, dan mencoret-coret langsung di layarnya. Stylus ini memiliki 4096 tingkat sensitivitas tekanan dan tilt support, sehingga kamu bisa menggambar dengan lebih presisi dan halus. Cocok banget buat kamu yang suka menggambar, membuat sketsa, atau menulis catatan.

Keyboard ErgoSense didesain khusus untuk kenyamanan maksimal saat mengetik. Keyboardnya empuk dan responsif, sehingga kamu gak bakalan capek saat mengetik dalam waktu lama. Dilengkapi juga dengan fingerprint sensor untuk keamanan ekstra.

Fitur canggih lainnya termasuk AI Noise Cancelation yang meredam kebisingan di sekitar kamu saat sedang melakukan video call atau meeting online, WiFi 6E yang memberikan koneksi internet super cepat dan stabil, Thunderbolt™ 4 yang bisa digunakan untuk berbagai macam perangkat, dan Windows Hello yang memungkinkan kamu login ke laptop dengan wajah.

Kekurangan

Zenbook Duo UX8406 emang bikin mupeng. Fitur-fiturnya buanyak, teknologinya mutakhir, dan desainnya super keren. Tapi, harganya bikin mikir dua kali. Wajar sih, karena laptop ini bukan laptop biasa. Kayak smartphone canggih yang dibikin versi laptop.

Harganya Rp33.999.000 emang gak murah. Tapi, jangan langsung panik. Ada beberapa solusi nih buat kamu yang pengen punya Zenbook Duo UX8406 tapi budget terbatas, yaitu:

1. Nabung

Sisihkan sebagian uangmu setiap bulan untuk membeli Zenbook Duo UX8406. Bikin target berapa lama kamu ingin menabung dan disiplinlah. Gak kerasa, uangmu bakalan terkumpul. Nabung bareng temen-temen yang juga pengen beli Zenbook Duo UX8406. Jadi makin semangat.

2. Kredit

Banyak toko elektronik yang nawarin kredit buat pembelian laptop. Pastikan kamu paham syarat dan ketentuannya sebelum mengajukan kredit. Hitung juga cicilannya, biar gak kaget. Cari promo kredit yang bunga cicilannya rendah.

3. Cari Promo

Sering-sering cek website ASUS dan toko elektronik online buat cari promo. Kadang-kadang ada diskon atau cashback yang bisa kamu manfaatkan. Ikutin akun media sosial ASUS dan toko elektronik favoritmu biar gak ketinggalan info promo.

4. Jual Barang Lama

Jual laptop lamamu untuk mendapatkan tambahan uang. Pastikan laptopmu masih dalam kondisi baik agar bisa laku terjual dengan harga tinggi. Jual laptopmu di marketplace yang banyak peminatnya.

5. Beasiswa atau Sponsorship

Cari beasiswa atau sponsorship yang menawarkan bantuan dana untuk pembelian laptop. Banyak perusahaan yang ngasih beasiswa atau sponsorship buat pelajar dan mahasiswa berprestasi. Cek website kampus atau organisasi kemahasiswaan buat info beasiswa dan sponsorship.

6. Pre-order

Pastikan kamu ikut pre-order Zenbook Duo UX8406. Biasanya ada bonus menarik buat yang pre-order. Cari info pre-order di website ASUS dan toko elektronik online.

Harga Zenbook Duo UX8406 emang mahal, tapi ada banyak solusi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya.

ASUS Zenbook Duo UX8406 adalah laptop inovatif dengan banyak kelebihan. Layar ganda, performa powerful, desain stylish, dan fitur canggih adalah nilai plusnya. Tapi, harganya yang mahal bisa jadi pertimbangan.

So, laptop ini cocok buat siapa?

Buat kamu yang butuh laptop multitasking dengan layar luas, suka desain inovatif, dan gak masalah dengan harga mahal, Zenbook Duo UX8406 adalah pilihan tepat. Tapi, kalo kamu budget terbatas, mending cari laptop lain aja.

Komentar