[Terjawab] Sebutkan dan jelaskan 2 faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan lokasi usaha

Berikut adalah jawaban soal “sebutkan dan jelaskan 2 faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan lokasi usaha” beserta penjelasannya.

Pemilihan lokasi usaha merupakan salah satu keputusan penting yang harus diambil oleh pelaku usaha. Lokasi usaha yang tepat akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan suatu usaha. Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk melakukan riset dan mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memutuskan lokasi usaha.

Berikut 2 faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan lokasi usaha, yakni:

1. Target Pasar

Target pasar adalah sekelompok orang yang menjadi sasaran penjualan produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu usaha. Pemilihan lokasi usaha yang dekat dengan target pasar akan memudahkan usaha untuk menjangkau konsumen dan meningkatkan penjualan.

Misalnya, jika Anda membuka usaha restoran makanan cepat saji, maka Anda perlu memilih lokasi yang dekat dengan kawasan pemukiman atau perkantoran. Hal ini karena target pasar restoran makanan cepat saji adalah orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Dalam hal ini, pelaku usaha perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui demografi target pasar, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, dan minat. Pelaku usaha juga perlu mengetahui pola perilaku target pasar, seperti kebiasaan belanja dan gaya hidup. Dengan mengetahui target pasar dengan baik, pelaku usaha dapat memilih lokasi usaha yang tepat untuk menjangkau mereka.

2. Persaingan

Persaingan adalah kondisi di mana terdapat lebih dari satu usaha yang menawarkan produk atau jasa yang sama. Pemilihan lokasi usaha yang tidak berada di lingkungan yang kompetitif akan memberikan keuntungan bagi usaha Anda.

Misalnya, jika Anda membuka usaha toko buku, maka Anda perlu menghindari pemilihan lokasi yang dekat dengan toko buku lain. Hal ini karena persaingan yang ketat akan membuat usaha Anda sulit untuk berkembang.

Dalam hal ini, pelaku usaha perlu melakukan riset persaingan untuk mengetahui jumlah dan kekuatan pesaing. Pelaku usaha juga perlu mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pesaing. Dengan mengetahui persaingan dengan baik, pelaku usaha dapat menghindari lokasi usaha yang terlalu kompetitif.

Faktor-faktor Lain

Selain kedua faktor tersebut, terdapat juga faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi pemilihan lokasi usaha, seperti:

Aksesibilitas
Aksesibilitas adalah kemudahan untuk menjangkau lokasi usaha. Lokasi usaha yang mudah dijangkau akan memudahkan konsumen untuk datang ke usaha Anda.

Misalnya, jika Anda membuka usaha toko pakaian, maka Anda perlu memilih lokasi yang mudah diakses oleh kendaraan umum. Hal ini karena target pasar toko pakaian adalah berbagai kalangan, termasuk orang-orang yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Visibilitas
Visibilitas adalah kemudahan untuk melihat lokasi usaha. Lokasi usaha yang mudah dilihat akan memudahkan konsumen untuk mengetahui keberadaan usaha Anda.

Misalnya, jika Anda membuka usaha restoran, maka Anda perlu memilih lokasi yang berada di tempat yang ramai dan mudah terlihat. Hal ini karena target pasar restoran adalah orang-orang yang sedang mencari tempat makan.

Tempat parkir
Tempat parkir yang memadai akan memudahkan konsumen untuk memarkirkan kendaraannya. Lokasi usaha yang memiliki tempat parkir yang memadai akan memberikan kenyamanan bagi konsumen.

Misalnya, jika Anda membuka usaha supermarket, maka Anda perlu memilih lokasi yang memiliki tempat parkir yang luas. Hal ini karena target pasar supermarket adalah orang-orang yang membawa kendaraan pribadi.

Lingkungan
Lingkungan sekitar lokasi usaha juga perlu dipertimbangkan. Lingkungan yang bersih dan aman akan memberikan kenyamanan bagi konsumen.

Misalnya, jika Anda membuka usaha kafe, maka Anda perlu memilih lokasi yang berada di lingkungan yang asri dan nyaman. Hal ini karena target pasar kafe adalah orang-orang yang ingin bersantai dan menikmati suasana yang nyaman.

Peraturan pemerintah
Peraturan pemerintah juga perlu diperhatikan sebelum memilih lokasi usaha. Peraturan pemerintah yang harus diperhatikan antara lain izin usaha, tata ruang, dan pajak.

Misalnya, jika Anda membuka usaha restoran, maka Anda perlu mengurus izin usaha restoran dari pemerintah setempat. Anda juga perlu memperhatikan tata ruang wilayah setempat untuk memastikan bahwa lokasi usaha Anda sesuai dengan rencana tata ruang.

Dengan melakukan riset dan mempertimbangkan berbagai faktor, Anda dapat memilih lokasi usaha yang tepat untuk meningkatkan peluang keberhasilan usaha Anda.