PENGGUNAAN SISTEM AKUNTANSI KOMPUTER semakin meluas, namun kita tetap perlu memahami sistem akuntansi manual, mengapa pemahaman akan sistem manual tetap diperlukan?

Penggunaan sistem akuntansi komputer semakin meluas, namun kita tetap perlu memahami sistem akuntansi manual, mengapa pemahaman akan sistem manual tetap diperlukan?

Jawaban:

Penggunaan sistem akuntansi komputer (SAK) semakin meluas, karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan sistem akuntansi manual. SAK dapat mempermudah dan mempercepat proses pencatatan, pelaporan, dan analisis data akuntansi. Namun, pemahaman akan sistem akuntansi manual tetap diperlukan, karena beberapa alasan berikut:
  • Sistem akuntansi manual adalah dasar dari sistem akuntansi komputer. Pemahaman akan sistem akuntansi manual akan membantu kita untuk memahami cara kerja sistem akuntansi komputer. Hal ini penting untuk dapat mengoperasikan dan memonitor sistem akuntansi komputer secara efektif.
  • Sistem akuntansi manual dapat menjadi alternatif untuk sistem akuntansi komputer. Sistem akuntansi manual dapat digunakan oleh perusahaan yang memiliki skala kecil atau menengah, atau perusahaan yang memiliki kebutuhan akuntansi yang sederhana.
  • Sistem akuntansi manual dapat digunakan untuk keperluan audit. Auditor dapat menggunakan sistem akuntansi manual untuk menguji keakuratan dan keandalan data akuntansi.

Berikut adalah beberapa penjelasan lebih lanjut mengenai alasan-alasan tersebut:

Sistem akuntansi manual adalah dasar dari sistem akuntansi komputer

Sistem akuntansi komputer dibangun berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang sama dengan sistem akuntansi manual. Oleh karena itu, pemahaman akan sistem akuntansi manual akan membantu kita untuk memahami cara kerja sistem akuntansi komputer.

Misalnya, dalam sistem akuntansi manual, transaksi keuangan dicatat dalam jurnal umum sebelum diposting ke buku besar. Dalam sistem akuntansi komputer, transaksi keuangan juga dicatat dalam jurnal umum sebelum diposting ke buku besar. Perbedaannya adalah, dalam sistem akuntansi komputer, proses pencatatan jurnal umum dilakukan secara otomatis oleh sistem komputer.

Sistem akuntansi manual dapat menjadi alternatif untuk sistem akuntansi komputer

Sistem akuntansi manual dapat digunakan oleh perusahaan yang memiliki skala kecil atau menengah, atau perusahaan yang memiliki kebutuhan akuntansi yang sederhana. Sistem akuntansi manual lebih murah dibandingkan sistem akuntansi komputer, dan tidak memerlukan keterampilan khusus untuk mengoperasikannya.

Sistem akuntansi manual dapat digunakan untuk keperluan audit

Auditor dapat menggunakan sistem akuntansi manual untuk menguji keakuratan dan keandalan data akuntansi. Auditor dapat membandingkan data akuntansi yang dicatat dalam sistem akuntansi manual dengan data akuntansi yang dicatat dalam sistem akuntansi komputer.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemahaman akan sistem akuntansi manual tetap diperlukan, meskipun penggunaan sistem akuntansi komputer semakin meluas.