Menurut Saudara, apakah Group WA Termasuk Kelompok Sosial?

Menurut saudara, apakah group WA termasuk kelompok sosial? Berikan alasan berdasar saudara sesuai materi kelompok sosial yang telah dipelajari?

Jawaban:

Menurut saya, group WA termasuk kelompok sosial. Alasan saya adalah sebagai berikut:

1. Group WA memenuhi syarat sebagai kelompok sosial. Syarat-syarat kelompok sosial adalah sebagai berikut:
  • Adanya dua orang atau lebih.
  • Adanya kesadaran bersama akan keanggotaan.
  • Adanya interaksi antaranggota.
  • Adanya tujuan bersama.

Group WA memenuhi semua syarat tersebut. Pertama, group WA selalu terdiri dari dua orang atau lebih, yaitu anggota group WA tersebut. Kedua, anggota group WA memiliki kesadaran bersama akan keanggotaannya, yaitu mereka merasa menjadi bagian dari group WA tersebut. Ketiga, anggota group WA saling berinteraksi, yaitu mereka saling berkomunikasi melalui pesan teks, gambar, atau video. Keempat, anggota group WA memiliki tujuan bersama, yaitu untuk saling bertukar informasi, berdiskusi, atau sekadar mengobrol.

2. Group WA memiliki ciri-ciri kelompok sosial. Ciri-ciri kelompok sosial adalah sebagai berikut:
  • Adanya hubungan sosial antaranggota.
  • Adanya norma dan nilai bersama.
  • Adanya struktur sosial.

Group WA juga memiliki ciri-ciri tersebut. Pertama, anggota group WA saling berhubungan satu sama lain melalui pesan teks, gambar, atau video. Kedua, anggota group WA memiliki norma dan nilai bersama, yaitu norma dan nilai yang berlaku di masyarakat, seperti norma kesopanan. Ketiga, group WA memiliki struktur sosial, yaitu adanya peran dan status bagi masing-masing anggota group WA.

Dengan demikian, berdasarkan materi kelompok sosial yang telah saya pelajari, saya dapat menyimpulkan bahwa group WA termasuk kelompok sosial.

Penjelasan:

Group WhatsApp adalah salah satu bentuk kelompok sosial yang terbentuk di era digital. Group WA dapat dibentuk berdasarkan berbagai macam kriteria, seperti kesamaan profesi, kesamaan minat, atau kesamaan lokasi. Group WA dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi, sarana interaksi sosial, atau sarana untuk mencapai tujuan tertentu.

Group WhatsApp memiliki peran penting dalam masyarakat. Group WA dapat menjadi sarana untuk menyebarkan informasi, sarana untuk menghimpun pendapat, atau sarana untuk mengorganisir kegiatan. Group WA juga dapat menjadi sarana untuk membangun solidaritas dan rasa kebersamaan antaranggotanya.