JAWABAN! Seluruh Pihak yang Terlibat dalam Proses Komunikasi harus Benar-Benar Memiliki Kompetensi dan Berusaha agar Proses Komunikasi yang Terjadi dapat Berjalan dengan Efektif

Seluruh pihak yang terlibat dalam proses komunikasi harus benar- benar memiliki kompetensi dan berusaha agar proses komunikasi yang terjadi dapat berjalan dengan efektif. Dari sisi komunikator dan isi pesan yang disampaikan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kelancafran proses komunikasi antarmanusia. Jelaskan, dan buatlah contoh yang sesuai dengan kegiatan kita sehari-hari.

Jawaban:

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Proses Komunikasi Antarmanusia

Proses komunikasi antarmanusia dapat berjalan lancar jika seluruh pihak yang terlibat, yaitu komunikator, komunikan, dan pesan, memiliki kompetensi yang memadai. Dari sisi komunikator, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kelancaran proses komunikasi, antara lain:

  • Keterampilan berkomunikasi
Keterampilan berkomunikasi adalah kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan jelas, efektif, dan sesuai dengan tujuan komunikasi. Seorang komunikator yang memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik akan mampu menyampaikan pesannya dengan jelas dan mudah dipahami oleh komunikan.

Contoh: Seorang guru yang menyampaikan materi pelajaran dengan jelas dan menarik akan lebih mudah dipahami oleh murid-muridnya.

  • Pengetahuan tentang komunikan
Pengetahuan tentang komunikan adalah pemahaman tentang karakteristik dan kebutuhan komunikan. Seorang komunikator yang memiliki pengetahuan tentang komunikan akan lebih mudah menyesuaikan pesannya agar sesuai dengan kebutuhan komunikan.

Contoh: Seorang penjual yang memahami kebutuhan pelanggannya akan lebih mudah menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan tersebut.

  • Sikap komunikator
Sikap komunikator adalah cara pandang dan perasaan komunikator terhadap komunikan. Seorang komunikator yang memiliki sikap positif terhadap komunikan akan lebih mudah membangun hubungan yang baik dengan komunikan.

Contoh: Seorang karyawan yang memiliki sikap positif terhadap atasan dan rekan kerjanya akan lebih mudah berkomunikasi dengan mereka.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Proses Komunikasi Antarmanusia dari Sisi Isi Pesan

Selain dari sisi komunikator, kelancaran proses komunikasi antarmanusia juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berkaitan dengan isi pesan, antara lain:

1. Kejelasan pesan
Kejelasan pesan adalah kemampuan pesan untuk menyampaikan informasi yang diinginkan oleh komunikator. Sebuah pesan yang jelas akan mudah dipahami oleh komunikan.

Contoh: Sebuah instruksi kerja yang jelas akan lebih mudah dimengerti oleh pekerja.

2. Kesesuaian pesan dengan tujuan komunikasi
Kesesuaian pesan dengan tujuan komunikasi adalah kemampuan pesan untuk mencapai tujuan komunikasi yang diinginkan oleh komunikator. Sebuah pesan yang sesuai dengan tujuan komunikasi akan lebih efektif dalam mencapai tujuan tersebut.

Contoh: Sebuah iklan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen akan lebih efektif dalam membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

3. Kesesuaian pesan dengan konteks komunikasi
Kesesuaian pesan dengan konteks komunikasi adalah kemampuan pesan untuk sesuai dengan situasi dan kondisi saat komunikasi berlangsung. Sebuah pesan yang sesuai dengan konteks komunikasi akan lebih mudah diterima oleh komunikan.

Contoh: Sebuah permintaan maaf yang disampaikan secara langsung dan pribadi akan lebih mudah diterima oleh orang yang dimaafkan.

Secara umum, kelancaran proses komunikasi antarmanusia dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari sisi komunikator, komunikan, maupun isi pesan. Oleh karena itu, seluruh pihak yang terlibat dalam proses komunikasi harus memiliki kompetensi yang memadai agar proses komunikasi dapat berjalan dengan efektif.