JAWABAN! Proses Pembelajaran Seperti Apa yang Ingin Anda Perbaiki dengan Menggunakan Asas Trikon?

Proses pembelajaran seperti apa yang ingin Anda perbaiki dengan menggunakan asas Trikon?

Jawaban:

Saya ingin memperbaiki proses pembelajaran yang berpusat pada guru, bersifat monoton, dan kurang memperhatikan kebutuhan murid.

Proses pembelajaran yang berpusat pada guru membuat murid menjadi pasif dan hanya menerima informasi dari guru. Hal ini dapat menyebabkan murid menjadi bosan dan tidak termotivasi untuk belajar. Selain itu, pembelajaran yang bersifat monoton dapat membuat murid sulit memahami materi pelajaran.

Pembelajaran yang kurang memperhatikan kebutuhan murid dapat menyebabkan murid merasa tidak nyaman dan tidak terfasilitasi. Hal ini dapat menghambat proses belajar murid.

Dengan menggunakan asas Trikon, saya ingin mengubah proses pembelajaran menjadi berpusat pada murid, bersifat aktif dan kreatif, dan memperhatikan kebutuhan murid.

Pembelajaran yang berpusat pada murid membuat murid menjadi aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat memotivasi murid untuk belajar dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.

Pembelajaran yang bersifat aktif dan kreatif membuat murid belajar dengan cara yang menyenangkan dan bermakna. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar murid.

Pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan murid membuat murid merasa nyaman dan terfasilitasi. Hal ini dapat meningkatkan hasil belajar murid.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan asas Trikon dalam proses pembelajaran:
  • Guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, seperti diskusi, presentasi, dan eksperimen.
  • Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk berdiskusi, bertanya, dan memberikan pendapat.
  • Guru memberikan tugas yang sesuai dengan minat dan kemampuan murid.
  • Guru menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif.

Dengan menerapkan asas Trikon, saya berharap proses pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan bermakna bagi murid.