JAWABAN! Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari "tuntunan" orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah

Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari "tuntunan" orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah...
A. Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya
B. Akal budi yang berkembang
C. Kekuatan murid yang semakin meningkat
D. Arah minat dan perubahan karakteristik diri

Jawaban: D

Penjelasan:

Menurut Ki Hadjar Dewantara, pendidikan adalah tuntunan dari orang dewasa kepada anak-anak dan pemuda agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup mereka. Tuntunan tersebut harus disesuaikan dengan kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh anak-anak dan pemuda.

Salah satu hasil dari tuntunan tersebut adalah arah minat dan perubahan karakteristik diri anak-anak dan pemuda. Tuntunan yang sesuai dengan kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh anak-anak dan pemuda akan membantu mereka untuk menemukan arah minat dan mengembangkan karakteristik diri mereka.

Arah minat adalah hal-hal yang menarik dan diminati oleh seseorang. Karakteristik diri adalah sifat-sifat yang melekat pada seseorang. Arah minat dan karakteristik diri sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dan pemuda.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai pilihan jawaban lainnya:
  • Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya adalah hasil yang terlalu luas dan tidak spesifik. Tuntunan orang dewasa hanya salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perubahan dasar hidup dan tumbuh kembang seseorang.
  • Akal budi yang berkembang adalah hasil yang juga terlalu luas. Akal budi dapat berkembang melalui berbagai faktor, termasuk tuntunan orang dewasa, pengalaman, dan lingkungan.
  • Kekuatan murid yang semakin meningkat adalah hasil yang kurang tepat. Tuntunan orang dewasa tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kekuatan murid, tetapi juga untuk mengembangkan potensi dan kepribadian murid secara keseluruhan.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah arah minat dan perubahan karakteristik diri.