JAWABAN! Menurut Ki Hadjar Dewantara, Sistem Pendidikan Barat Mengedepankan Rasio dan Ilmu Pengetahuan

Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya
A. Pendidikan emosional dan kecerdasan
B. Olah rasa dan pendidikan intelektual
C. Pendidikan intelektual dan emosional
D. Pendidikan emosional dan olah rasa

Jawaban: (D) Pendidikan emosional dan olah rasa

Penjelasan:

Ki Hadjar Dewantara berpendapat bahwa sistem pendidikan barat hanya mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan, tanpa memperhatikan aspek emosional dan olah rasa. Hal ini terlihat dari metode pendidikannya yang menekankan pada hafalan dan ujian, serta mengabaikan pengembangan potensi emosional dan kreativitas siswa.

Pada pilihan (A), pendidikan emosional dan kecerdasan adalah dua hal yang saling berkaitan. Pendidikan emosional bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mengelola emosinya, sedangkan kecerdasan adalah kemampuan berpikir dan memecahkan masalah. Oleh karena itu, pilihan (A) tidak tepat.

Pada pilihan (B), olah rasa dan pendidikan intelektual juga saling berkaitan. Olah rasa adalah kemampuan untuk merasakan dan mengekspresikan emosi, sedangkan pendidikan intelektual adalah pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Oleh karena itu, pilihan (B) juga tidak tepat.

Pada pilihan (C), pendidikan intelektual dan emosional adalah dua hal yang saling melengkapi. Pendidikan intelektual bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir, sedangkan pendidikan emosional bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengelola emosi. Oleh karena itu, pilihan (C) juga tidak tepat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah (D), yaitu pendidikan emosional dan olah rasa.