JAWABAN! Kompetensi Ini adalah Kemampuan untuk Bisa Hadir Utuh bagi Peserta Didik

Kompetensi ini adalah kemampuan untuk bisa hadir utuh bagi peserta didik baik secara badan, pikiran, dan hati agar selaras dengan murid saat sedang melakukan percakapan. Kemampuan ini merupakan salah satu dari kemampuan inti coaching yaitu ...
A. Kemampuan berbicara aktif
B. Kehadiran penuh/Presence
C. Mendengarkan aktif/menyimak
D. Mengajukan pertanyaan berbobot

Jawaban: (B) Kehadiran penuh/Presence

Penjelasan:

Kehadiran penuh adalah kemampuan untuk bisa hadir utuh bagi peserta didik baik secara badan, pikiran, dan hati agar selaras dengan murid saat sedang melakukan percakapan. Kemampuan ini penting untuk dimiliki oleh seorang coach agar dapat membangun hubungan yang kuat dengan peserta didik dan menciptakan suasana percakapan yang nyaman dan mendukung.

Kemampuan berbicara aktif, mendengarkan aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot juga penting untuk dimiliki oleh seorang coach, tetapi ketiga kemampuan tersebut tidak sama dengan kehadiran penuh. Kemampuan berbicara aktif adalah kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif, sedangkan kemampuan mendengarkan aktif adalah kemampuan untuk memahami pesan yang disampaikan oleh peserta didik dengan penuh perhatian. Mengajukan pertanyaan berbobot adalah kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang mendorong peserta didik untuk berpikir dan menemukan jawabannya sendiri.

Berikut adalah beberapa contoh perilaku yang menunjukkan kehadiran penuh seorang coach:
  • Coach duduk tegak dan menatap mata peserta didik dengan penuh perhatian.
  • Coach mendengarkan dengan penuh minat dan tidak menyela.
  • Coach menggunakan bahasa tubuh yang terbuka dan tidak mengancam.
  • Coach menunjukkan empati dan pemahaman terhadap perasaan peserta didik.

Kehadiran penuh adalah salah satu kemampuan inti coaching yang paling penting untuk dimiliki. Kemampuan ini dapat membantu coach untuk membangun hubungan yang kuat dengan peserta didik dan menciptakan suasana percakapan yang nyaman dan mendukung, sehingga peserta didik dapat belajar dan berkembang secara optimal.