JAWABAN! Ketahanan Ekonomi Merupakan Kondisi Kehidupan Perekonomian Bangsa Indonesia dengan Membangun Demokrasi Ekonomi Berlandaskan Pancasila

Ketahanan ekonomi merupakan kondisi kehidupan perekonomian bangsa indonesia dengan membangun demokrasi ekonomi berlandaskan pancasila. Sistem ekonomi ini akan mampu memelihara stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis serta mampu menciptakan kemandirian ekonomi nasional dengan daya saing yang tinggi demi mewujudkan daya saing yang tinggi demi mewujudkan kemakmuran rakyat yang adil dan merata. Pada saat pandemi covid-19 bagaimana ketahanan ekonomi indonesia jika dilihat dari pasar tradisional.

Jawaban:

Ketahanan ekonomi Indonesia pada saat pandemi COVID-19 jika dilihat dari pasar tradisional dapat dikatakan cukup baik. Hal ini terlihat dari masih bertahannya pasar tradisional sebagai salah satu tulang punggung perekonomian masyarakat Indonesia.

Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang dan jasa. Pasar tradisional biasanya menjual barang-barang kebutuhan pokok masyarakat, seperti bahan pangan, sembako, pakaian, dan peralatan rumah tangga.

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia, termasuk pasar tradisional. Dampak yang paling dirasakan adalah penurunan daya beli masyarakat. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya angka pengangguran dan pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi.

Selain itu, pandemi juga menyebabkan adanya pembatasan aktivitas masyarakat, termasuk kegiatan jual beli di pasar tradisional. Pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mencegah penyebaran COVID-19. Kebijakan ini membuat pasar tradisional harus membatasi jam operasional dan jumlah pengunjung.

Meskipun demikian, pasar tradisional masih mampu bertahan di tengah pandemi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
  • Pasar tradisional merupakan tempat yang dekat dengan masyarakat. Masyarakat lebih mudah mengakses pasar tradisional daripada pasar modern.
  • Pasar tradisional menjual barang-barang kebutuhan pokok yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat.
  • Pasar tradisional memiliki harga yang relatif terjangkau bagi masyarakat.

Untuk meningkatkan ketahanan ekonomi Indonesia, pemerintah perlu melakukan beberapa hal, antara lain:
  • Meningkatkan daya beli masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Meningkatkan promosi pasar tradisional agar lebih dikenal masyarakat luas.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan di pasar tradisional agar lebih nyaman bagi masyarakat.

Dengan adanya upaya-upaya tersebut, diharapkan ketahanan ekonomi Indonesia dapat semakin meningkat, termasuk ketahanan ekonomi pasar tradisional.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh pedagang pasar tradisional untuk meningkatkan ketahanan ekonominya:
  • Melakukan diversifikasi produk agar tidak hanya menjual barang-barang kebutuhan pokok.
  • Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan agar lebih bersaing dengan pasar modern.
  • Manfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk dan meningkatkan penjualan.
  • Bergabung dengan paguyuban pedagang pasar untuk meningkatkan bargaining power.

Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, diharapkan pedagang pasar tradisional dapat bertahan dan bahkan berkembang di tengah pandemi COVID-19.