JAWABAN! Identitas Nasional Merupakan Ciri Khas yang Dimiliki oleh Suatu Bangsa dan Berasal dari Bangsa Itu Sendiri

Identitas nasional merupakan ciri khas yang dimiliki oleh suatu bangsa dan berasal dari bangsa itu sendiri. Di era globalisasi dan serba digital sekarang ini dikhawatirkan identitas nasional bangsa indonesia semakin luntur. Sebagai seorang mahasiswa bagaimana upaya anda supaya identitas nasional bangsa indonesia tidak luntur di kalangan generasi milenial?

Jawaban:

Identitas nasional merupakan ciri khas yang dimiliki oleh suatu bangsa dan berasal dari bangsa itu sendiri. Identitas nasional bangsa Indonesia dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti sejarah, budaya, bahasa, agama, dan sistem pemerintahan.

Di era globalisasi dan serba digital sekarang ini, identitas nasional bangsa Indonesia dikhawatirkan semakin luntur. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pengaruh budaya asing, arus informasi yang begitu cepat, dan pergeseran nilai-nilai masyarakat.

Sebagai seorang mahasiswa, kita memiliki peran penting dalam menjaga identitas nasional bangsa Indonesia. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat kita lakukan:
  • Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang identitas nasional bangsa Indonesia. Kita perlu mengenal dan memahami sejarah, budaya, bahasa, agama, dan sistem pemerintahan bangsa Indonesia. Hal ini dapat kita lakukan dengan membaca buku, artikel, atau menonton video yang membahas tentang identitas nasional bangsa Indonesia.
  • Menanamkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, seperti gotong royong, toleransi, dan musyawarah mufakat, perlu ditanamkan sejak dini. Kita dapat menanamkan nilai-nilai tersebut kepada keluarga, teman, dan masyarakat sekitar.
  • Menjadi contoh yang baik dalam menjunjung tinggi identitas nasional bangsa Indonesia. Kita harus menjadi contoh yang baik dalam menerapkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat kita lakukan dengan bersikap sopan santun, menghormati orang tua dan guru, dan menjaga kelestarian lingkungan.

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjaga identitas nasional bangsa Indonesia:
  • Ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang identitas nasional bangsa Indonesia, seperti seminar, diskusi, atau pelatihan.
  • Menjadi relawan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Hal ini dapat kita lakukan dengan bergabung dengan organisasi sosial atau komunitas yang bergerak di bidang sosial.
  • Membuat konten-konten positif yang dapat mengedukasi masyarakat tentang identitas nasional bangsa Indonesia. Konten-konten tersebut dapat kita bagikan di media sosial atau media lainnya.

Dengan upaya-upaya tersebut, kita dapat membantu menjaga identitas nasional bangsa Indonesia agar tidak luntur di kalangan generasi milenial.