JAWABAN! Buatlah Sebuah Perumusan Masalah dari Penelitian Geografi yang Bertemakan Dampak dari Aktivitas Gunung Api

Buatlah sebuah perumusan masalah dari penelitian geografi yang bertemakan dampak dari aktivitas gunung api!

Jawaban:

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah diuraikan sebelumnya, maka perumusan masalah penelitian geografi bertemakan dampak dari aktivitas gunung api dapat dirumuskan sebagai berikut:
  • Bagaimanakah dampak aktivitas gunung api terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar gunung api?

Pertanyaan ini dapat dipecah menjadi beberapa sub-pertanyaan, yaitu:
  1. Apa saja dampak fisik dari aktivitas gunung api terhadap lingkungan?
  2. Apa saja dampak sosial dari aktivitas gunung api terhadap masyarakat?
  3. Apa saja dampak ekonomi dari aktivitas gunung api terhadap masyarakat?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab melalui penelitian dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif, atau gabungan keduanya. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengkaji dampak fisik dan ekonomi dari aktivitas gunung api, sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengkaji dampak sosial dari aktivitas gunung api.

Penjelasan

Rurumusan masalah penelitian harus jelas, spesifik, dan dapat diuji. Rumusan masalah tersebut juga harus relevan dengan latar belakang dan identifikasi masalah.

Rurumusan masalah yang diajukan di atas memenuhi semua kriteria tersebut. Rumusan masalah tersebut jelas karena menggambarkan masalah yang akan dikaji dalam penelitian. Rumusan masalah tersebut juga spesifik karena menitikberatkan pada dampak aktivitas gunung api terhadap lingkungan dan masyarakat. Rumusan masalah tersebut juga dapat diuji karena dapat dijawab melalui penelitian.

Penelitian yang menggunakan rumusan masalah tersebut akan menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di sekitar gunung api. Informasi tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya aktivitas gunung api, serta untuk mengembangkan strategi mitigasi bencana.