JAWABAN! Apa yang Membedakan Pasar Global dengan Pasar Tradisional dan Modern?

Apa yang membedakan pasar global dengan pasar tradisional dan modern?

Jawaban:

Yang membedakan pasar global dengan pasar tradisional dan modern adalah:

1. Cakupan wilayah

Pasar global mencakup seluruh dunia, sehingga penjual dan pembeli dapat berasal dari berbagai negara. Pasar tradisional dan modern biasanya hanya mencakup wilayah lokal, sehingga penjual dan pembeli biasanya berasal dari wilayah tersebut.

2. Cara transaksi

Pasar global menggunakan cara-cara modern dalam melakukan transaksi jual beli, seperti menggunakan mata uang asing, sistem pembayaran elektronik, dan teknologi informasi. Pasar tradisional menggunakan cara-cara tradisional dalam melakukan transaksi jual beli, seperti menggunakan mata uang lokal, sistem pembayaran tunai, dan interaksi langsung antara penjual dan pembeli. Pasar modern juga menggunakan cara-cara modern dalam melakukan transaksi jual beli, seperti menggunakan mata uang lokal, sistem pembayaran tunai dan nontunai, dan interaksi langsung maupun tidak langsung antara penjual dan pembeli.

3. Suasana

Pasar global biasanya memiliki suasana yang ramai dan semrawut, karena banyaknya penjual dan pembeli yang berasal dari berbagai negara. Pasar tradisional juga memiliki suasana yang ramai dan semrawut, karena banyaknya penjual dan pembeli yang berasal dari wilayah lokal. Pasar modern biasanya memiliki suasana yang nyaman dan bersih, karena fasilitasnya yang lengkap dan modern.

4. Produk yang dijual

Pasar global menjual berbagai produk, mulai dari produk barang hingga produk jasa. Pasar tradisional biasanya menjual produk-produk kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan, sayuran, buah-buahan, daging, dan ikan. Pasar modern juga menjual berbagai produk, mulai dari produk barang hingga produk jasa, namun produknya lebih beragam daripada pasar tradisional.

5. Fasilitas

Pasar global memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti tempat parkir, toilet, tempat ibadah, dan sistem keamanan. Pasar tradisional biasanya memiliki fasilitas yang terbatas, seperti tempat parkir yang terbatas dan toilet yang tidak memadai. Pasar modern memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti tempat parkir yang luas, toilet yang bersih dan nyaman, tempat ibadah, dan sistem keamanan.

Jadi, pasar global, tradisional, dan modern memiliki perbedaan yang mendasar. Perbedaan tersebut terletak pada cakupan wilayah, cara transaksi, suasana, produk yang dijual, dan fasilitas yang tersedia.