JAWABAN! Apa Definisi dari “mendidik” yang Paling Tepat Menurut Ki Hadjar Dewantara

Apa definisi dari “mendidik” yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?
A. Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat.
B. Menuntun kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi perubahan lingkungan dan menjalin hubungan sosial dan budaya yang ada di sekitarnya.
C. Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum diketahui sehingga membuatnya menjadi lebih tahu agar wawasan dan keterampilan yang dimiliki lebih baik untuk masa depannya.
D. Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lebih optimal

Jawaban adalah A. Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat.

Penjelasan:

Menurut Ki Hadjar Dewantara, pendidikan adalah “tuntunan”. Tuntunan yang dimaksud adalah bimbingan dan pengarahan yang diberikan kepada seseorang agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.

Definisi ini mencakup seluruh aspek pendidikan, baik aspek intelektual, moral, fisik, maupun sosial. Pendidikan tidak hanya bertujuan untuk membekali seseorang dengan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga untuk membentuk karakter dan kepribadian yang baik, serta mempersiapkannya untuk menjadi anggota masyarakat yang aktif dan bertanggung jawab.

Definisi A paling tepat karena mencakup semua aspek pendidikan yang ditekankan oleh Ki Hadjar Dewantara. Pendidikan tidak hanya tentang mengajarkan hal-hal yang baru, tetapi juga tentang menuntun perkembangan kodrat anak, sehingga mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Definisi B kurang tepat karena hanya menekankan aspek sosial dan budaya pendidikan. Pendidikan memang harus mempersiapkan anak untuk menghadapi perubahan lingkungan dan menjalin hubungan sosial dan budaya, tetapi hal ini tidak boleh hanya menjadi fokus pendidikan.

Definisi C kurang tepat karena hanya menekankan aspek pengetahuan dan keterampilan. Pendidikan memang harus membekali anak dengan pengetahuan dan keterampilan, tetapi hal ini juga harus diimbangi dengan pembentukan karakter dan kepribadian yang baik.

Definisi D kurang tepat karena hanya menekankan aspek kebutuhan murid. Pendidikan memang harus memperhatikan kebutuhan murid, tetapi hal ini tidak boleh hanya menjadi fokus pendidikan. Pendidikan juga harus memperhatikan tujuan pendidikan yang lebih luas, yaitu untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.