JAWABAN! Apa Dampak Globalisasi Terhadap Pasar Tradisional?

Apa dampak globalisasi terhadap pasar tradisional?

Jawaban:

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang mencakup aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, dan teknologi. Proses ini telah membawa perubahan yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk pasar tradisional.

Secara umum, dampak globalisasi terhadap pasar tradisional dapat dibagi menjadi dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif.

Dampak positif globalisasi terhadap pasar tradisional antara lain:
  • Peningkatan aksesibilitas dan pilihan barang. Globalisasi telah membuka peluang bagi pasar tradisional untuk memasok barang-barang dari berbagai negara di dunia. Hal ini tentu saja meningkatkan aksesibilitas dan pilihan barang bagi konsumen.
  • Peningkatan daya saing. Persaingan yang semakin ketat di era globalisasi telah mendorong pasar tradisional untuk meningkatkan daya saingnya. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas produk, pelayanan, dan pengelolaan pasar.
  • Peningkatan pendapatan pedagang. Peningkatan daya saing pasar tradisional dapat meningkatkan pendapatan pedagang. Hal ini karena pasar tradisional akan menjadi pilihan yang lebih menarik bagi konsumen.

Dampak negatif globalisasi terhadap pasar tradisional antara lain:
  • Meningkatnya persaingan dengan pasar modern. Salah satu dampak negatif globalisasi yang paling signifikan terhadap pasar tradisional adalah meningkatnya persaingan dengan pasar modern. Pasar modern menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan pasar tradisional, seperti lokasi yang strategis, fasilitas yang lengkap, dan sistem pembayaran yang lebih modern.
  • Pemiskinan pedagang. Persaingan yang semakin ketat di era globalisasi dapat menyebabkan pemiskinan bagi pedagang pasar tradisional yang tidak mampu bersaing.
  • Hilangnya budaya lokal. Pasar tradisional merupakan salah satu pusat budaya lokal. Namun, globalisasi dapat menyebabkan hilangnya budaya lokal ini karena pasar tradisional mulai ditinggalkan oleh masyarakat.