Diskusi Dengan Orang Tua Tentang Bagaimana Ajaran tat tvam asi Dilaksanakan Dalam Keluarga Kami

Berikut adalah jawaban soal yang terdapat pada buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK kelas XI halaman 33.

Tat tvam asi merupakan ajaran kemanusian dalam Upaniṣad. Diskusikan dengan orang tua kalian bagaimana ajaran tat tvam asi dilaksanakan dalam keluarga kalian. Tuliskan hasil diskusi kalian pada buku kerja masing-masing.

Jawaban:

Pada hari Minggu, 5 Nopember 2023, saya berdiskusi dengan orang tua saya tentang ajaran tat tvam asi. Saya bertanya kepada mereka, bagaimana ajaran tat tvam asi dilaksanakan dalam keluarga kami.

Ibu saya menjawab, ajaran tat tvam asi dilaksanakan dalam keluarga kami dengan cara saling menyayangi, menghormati, dan menghargai satu sama lain. Kami selalu berusaha untuk memahami perasaan dan kebutuhan satu sama lain. Kami juga selalu berusaha untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang damai.

Ayah saya menambahkan, ajaran tat tvam asi juga dilaksanakan dalam keluarga kami dengan cara saling membantu dan menolong. Kami selalu berusaha untuk saling mendukung dalam suka dan duka. Kami juga selalu berusaha untuk berbagi dengan sesama.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan ajaran tat tvam asi dalam keluarga kami:
  • Ibu saya selalu memasak makanan kesukaan saya.
  • Ayah saya selalu membantu saya mengerjakan pekerjaan rumah.
  • Saya selalu membantu adik saya belajar.
  • Kami selalu saling mendoakan satu sama lain.
  • Kami selalu saling mendukung dalam kegiatan masing-masing.

Saya merasa bersyukur karena orang tua saya telah mengajarkan saya tentang ajaran tat tvam asi. Ajaran ini telah membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik. Saya belajar untuk selalu menyayangi, menghormati, dan menghargai orang lain. Saya juga belajar untuk selalu berusaha untuk menciptakan kedamaian dan kerukunan.

Saya berharap, ajaran tat tvam asi ini dapat terus diterapkan dalam keluarga kami. Semoga ajaran ini juga dapat diterapkan dalam keluarga-keluarga lainnya di Indonesia.