Bagaimana Jika Sebuah Formulir Tidak Dirancang dengan Baik dan Benar

Bagaimana jika sebuah formulir tidak dirancang dengan baik dan benar. Jelaskan!

Jawaban:

Formulir adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi dari seseorang atau kelompok. Formulir yang dirancang dengan baik dan benar akan memudahkan pengisi formulir untuk memberikan informasi yang dibutuhkan. Sebaliknya, formulir yang tidak dirancang dengan baik dan benar dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti:
  • Kesulitan pengisian: Formulir yang tidak dirancang dengan baik dapat menyulitkan pengisi formulir untuk memahami pertanyaan atau instruksi yang diberikan. Hal ini dapat menyebabkan pengisi formulir memberikan informasi yang tidak lengkap atau tidak akurat.
  • Kesalahan: Formulir yang tidak dirancang dengan baik dapat menyebabkan kesalahan dalam pengisian data. Hal ini dapat menyebabkan data yang dikumpulkan tidak akurat atau tidak dapat digunakan.
  • Waktu dan biaya yang terbuang: Formulir yang tidak dirancang dengan baik dapat menyebabkan pengisi formulir menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengisi formulir. Hal ini juga dapat menyebabkan biaya yang dikeluarkan untuk mencetak dan mengirimkan formulir menjadi lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang formulir agar formulir tersebut dapat berfungsi dengan baik:
  • Tujuan formulir: Formulir harus dirancang dengan tujuan yang jelas. Tujuan formulir ini akan menentukan informasi apa saja yang perlu dikumpulkan dari pengisi formulir.
  • Audiens: Formulir harus dirancang dengan mempertimbangkan audiens yang akan mengisi formulir tersebut. Hal ini akan menentukan bahasa dan tata bahasa yang digunakan dalam formulir.
  • Isi formulir: Formulir harus dirancang dengan mempertimbangkan informasi apa saja yang perlu dikumpulkan. Informasi yang dikumpulkan harus relevan dengan tujuan formulir.
  • Pertanyaan: Pertanyaan dalam formulir harus dirancang dengan jelas dan mudah dipahami. Pertanyaan juga harus relevan dengan informasi yang ingin dikumpulkan.
  • Instruksi: Instruksi dalam formulir harus jelas dan mudah diikuti. Instruksi juga harus lengkap dan tidak ambigu.
  • Desain: Formulir harus dirancang dengan rapi dan menarik. Desain yang baik akan memudahkan pengisi formulir untuk mengisi formulir.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kita dapat merancang formulir yang berfungsi dengan baik dan dapat memberikan informasi yang akurat.