Mengapa Air yang Dilarutkan Garam Mendidih Lebih Lama Jika Dibandingkan dengan Air Biasa?

Mengapa air yang dilarutkan garam mendidih lebih lama jika dibandingkan dengan air biasa? Berikan penjelasannya berdasarkan konsep kalor yang telah kalian pelajari.

Jawaban: Air yang dilarutkan garam mendidih lebih lama jika dibandingkan dengan air biasa karena garam dalam air memperlambat perpindahan panas dan membuat air memerlukan lebih banyak energi untuk mendidih.

Penjelasannya:

Air yang dilarutkan garam memerlukan lebih banyak waktu untuk mendidih dibandingkan dengan air biasa. Hal ini terjadi karena garam dapat memengaruhi sifat kalor dan perpindahan panas dalam air.

Ketika kita memanaskan air, panas akan masuk ke dalam air dan membuat partikel-partikel air bergerak lebih cepat. Ketika suhu naik, air akan mendidih dan berubah menjadi uap air.

Tetapi, ketika kita menambahkan garam ke dalam air, hal ini dapat mengubah sifat air.

Air biasa memiliki kemampuan untuk menghantarkan panas dengan cukup efisien, sehingga panas dapat merata di seluruh air dan membuatnya mendidih dengan cepat.

Tetapi, ketika garam dilarutkan dalam air, ion-ion garam mengganggu pergerakan partikel air.

Ion-ion garam ini membuat partikel-partikel air tidak bisa bergerak bebas seperti pada air biasa.

Akibatnya, energi panas yang kita tambahkan ke air dengan garam harus dulu digunakan untuk mengatasi gangguan dari ion-ion garam tersebut.

Inilah yang membuat air dengan garam memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai suhu mendidih.

Kalor yang kita berikan terlebih dahulu digunakan untuk mengatasi hambatan dari ion-ion garam sebelum air benar-benar dapat mendidih.