Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 140 Topik B: Daerahku dan Kekayaan Alamnya

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 4 SD halaman 140 Topik B: Daerahku dan Kekayaan Alamnya.

1. Menurut kalian, apa kekayaan daerah kalian yang paling penting? Mengapa?
Jawaban: Kekayaan daerah kami (Tapanuli Utara) yang paling penting adalah kopi dan kemenyan karena berperan besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

2. Menurut kalian, adakah keterkaitan antara kenampakan alam/bentang alam daerah tempat tinggal kalian dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki daerah kalian? Coba ceritakan dengan singkat.
Jawaban: Ya, ada keterkaitan antara kenampakan alam/bentang alam daerah tempat tinggal kami dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki daerah kami.

Misalnya, kopi kami tumbuh subur karena daerah ini memiliki kondisi iklim dan tanah yang cocok untuk pertumbuhannya. Kelembaban udara, ketinggian tempat, dan suhu yang ideal menjadi faktor-faktor yang mendukung kualitas kopi yang baik. Begitu juga dengan kemenyan, pohon kemenyan tumbuh subur di daerah yang memiliki iklim kering dan tanah berbatu, yang membuat daerah kami menjadi tempat yang cocok untuk penanaman kemenyan.

3. Apa saja yang sudah dilakukan masyarakat daerah kalian untuk memanfaatkan kekayaan alam di daerah tempat tinggal kalian?
Jawaban: Yang sudah dilakukan masyarakat daerah kami (Tapanuli Utara) untuk memanfaatkan kekayaan alam di daerah tempat tinggal kami adalah mengembangkan teknik bertani yang efisien untuk memanfaatkan kekayaan alam.

4. Menurut kalian, seberapa penting mengelola kekayaan alam dengan bijak? Mengapa?
Jawaban: Mengelola kekayaan alam dengan bijak sangat penting agar sumber daya alam tetap berkelanjutan untuk generasi mendatang, memberikan manfaat ekonomi dan melestarikan lingkungan.

5. Apakah menurut kalian masyarakat di daerah tempat tinggal kalian sudah bijak dalam mengelola kekayaan alamnya dengan baik?
Jawaban: Menurut saya masyarakat di daerah tempat tinggal kami sudah bijak dalam mengelola kekayaan alamnya dengan baik, terlihat dari cara masyarakat menjaga lingkungan dan memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan.

6. Menurut kalian, apa hal yang dapat diupayakan untuk menjaga kelestarian kekayaan alam yang dimiliki daerah kalian, hingga dapat terus dinikmati oleh generasi berikutnya?
Jawaban: Hal yang dapat diupayakan untuk menjaga kelestarian kekayaan alam yang dimiliki daerah kami hingga dapat terus dinikmati oleh generasi berikutnya adalah perlu menerapkan pertanian ramah lingkungan, edukasi kepada masyarakat, partisipasi aktif masyarakat, dan kerjasama dengan pemerintah dan pihak terkait untuk mengendalikan eksploitasi berlebihan.