Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP Halaman 53 Uji Kemampuan Topik A Wujud Zat dan Model Partikel

Berikut adalah kunci jawaban IPA kelas 7 SMP halaman 53 Uji Kemampuan topik A: Wujud Zat dan Model Partikel.

1. Jelaskanlah peristiwa-peristiwa di bawah ini dari segi keadaan partikel- partikelnya.
a. Kalian tidak dapat menghancurkan baja dengan tangan kalian.
b. Susu dapat mengalir dan mengikuti bentuk gelas atau cangkir atau termos.
c. Kalian dapat merasakan hembusan angin di wajah kalian.

Jawaban: berikut adalah penjelasan peristiwa-peristiwa tersebut dari segi keadaan partikel- partikelnya:

a. Peristiwa a terjadi pada zat padat, yaitu baja. Keadaan partikel-partikelnya adalah berdekatan rapat dan berikatan secara kuat, sehingga tangan kita tidak dapat menghancurkannya dengan mudah.

b. Peristiwa b terjadi pada zat cair, yaitu susu. Keadaan partikel-partikelnya memiliki jarak yang cukup sehingga susu dapat mengalir dan mengikuti bentuk wadah tempatnya berada.

c. Peristiwa c terjadi pada zat gas, yaitu angin. Keadaan partikel-partikelnya memiliki jarak yang sangat jauh sehingga angin dapat bergerak dengan cepat dan menerpa wajah kita.

2. Apakah difusi terjadi lebih cepat dalam cairan atau gas? Jelaskan.

Jawaban: Difusi terjadi lebih cepat dalam gas daripada dalam cairan. Ini karena partikel-partikel dalam gas memiliki jarak yang lebih luas dan lebih mudah untuk bergerak secara acak dan menyebar.

3. Apabila gula pasir dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain, apa yang terjadi? Apakah gula pasir termasuk zat padat atau zat cair? Jelaskan alasan kalian.

Jawaban: Ketika gula pasir dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain, partikel-partikel gula tetap memiliki bentuk yang tidak berubah dan berdekatan rapat. Jadi, gula pasir termasuk zat padat.

4. Bayangkanlah kalian dan teman-teman kalian adalah partikel air. Buatlah cerita tentang diri kalian, mulailah dengan wujud air sebagai zat padat atau es, uraikanlah perubahan yang terjadi pada diri kalian saat kalian berubah menjadi cair dan kemudian kalian berubah wujud menjadi gas.

Jawaban: Cerita tentang partikel air:
"Dahulu aku adalah partikel es yang dingin dan padat. Aku bersama teman-temanku tertahan di dalam kulkas, namun kami tidak merasa terkekang karena partikel es hanya bergetar. Suatu hari, sang matahari yang hangat datang dan menyapa kami. Kami merasa meleleh dan berubah menjadi zat cair yang segar. Dalam wujud zat cair, kami dapat mengalir dengan lembut dan mengisi berbagai bentuk wadah yang menampung kami. Tiba-tiba, cuaca menjadi sangat panas, dan kami merasa berubah lagi. Kali ini kami berubah menjadi gas yang ringan dan terbang bebas di angkasa. Sebagai partikel gas, kami dapat menyusup ke mana saja dan merasakan kebebasan yang luar biasa."

5. Ketika Dewi baru pulang sekolah dan hendak memasuki rumahnya, ia sudah dapat merasakan wangi melati padahal sumber pengharum ruangan tersebut diletakkan di ruangan keluarga, yang berada di bagian belakang rumah. Jelaskan mengapa hal ini bisa terjadi.

Jawaban: Dewi dapat merasakan wangi melati dari bagian belakang rumah karena difusi. Partikel-partikel aroma melati bergerak secara acak dan menyebar di udara.

6. Buatlah model partikel dengan menggunakan barang-barang bekas pakai yang ada di sekitar kalian. Model kalian memiliki tiga lapisan, yaitu padat pada lapisan paling bawah, di tengah adalah lapisan partikel zat cair dan bagian paling atas adalah partikel-partikel dalam gas.

Jawaban: Model partikel dengan barang-barang bekas pakai:

Lapisan padat: Gunakan tutup botol plastik bekas sebagai lapisan padat di bagian paling bawah.
Lapisan zat cair: Isi botol plastik bekas dengan air sebagai lapisan zat cair di tengah.
Lapisan gas: Buatlah balon dari kantong plastik bekas dan isi dengan udara. Tempelkan balon di atas botol plastik sebagai lapisan gas di bagian paling atas.