Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP Halaman 138 Uji Kemampuan Topik A: Makhluk Hidup atau Benda Mati?

Berikut adalah kunci jawaban IPA kelas 7 SMP halaman 138 Uji Kemampuan Topik A: Makhluk Hidup atau Benda Mati?

1. Jelaskan karakteristik yang membedakan makhluk hidup dengan benda mati.
Jawaban: Karakteristik yang membedakan makhluk hidup dengan benda mati, yaitu:
  • Makhluk hidup bisa bergerak atau merespons rangsangan dari lingkungan, sedangkan benda mati biasanya tidak bergerak dengan sendirinya.
  • Makhluk hidup bisa tumbuh menjadi lebih besar atau lebih rumit dari sebelumnya, sementara benda mati tidak mengalami perubahan semacam itu.
  • Makhluk hidup bisa menghasilkan keturunan, sedangkan benda mati tidak memiliki kemampuan untuk bereproduksi.
  • Makhluk hidup bisa merespons perubahan dalam lingkungannya, sementara benda mati tidak memiliki respons semacam itu.
  • Makhluk hidup bisa mengambil energi dari lingkungannya dan menggunakannya untuk berbagai kegiatan, sedangkan benda mati tidak membutuhkan energi seperti itu.
  • Makhluk hidup bernapas untuk mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, sementara benda mati tidak memiliki proses pernapasan.
  • Makhluk hidup menghasilkan limbah atau zat sisa dari proses metabolismenya, sementara benda mati tidak menghasilkan limbah semacam itu.
  • Makhluk hidup tersusun dari sel-sel hidup, sedangkan benda mati tidak memiliki struktur seluler seperti itu.
2. Jelaskan dua alasan yang menyatakan bahwa virus tidak termasuk ke dalam makhluk hidup.
Jawaban: Alasan mengapa virus tidak termasuk makhluk hidup adalah:
  • Virus tidak memiliki struktur seluler seperti makhluk hidup lainnya. Mereka terdiri dari protein dan materi genetik (DNA atau RNA), tetapi tidak memiliki sel-sel hidup sejati.
  • Virus tidak bisa melakukan aktivitas metabolisme sendiri. Mereka tidak bisa bernapas, tumbuh, atau bereproduksi tanpa menginfeksi sel hidup lainnya dan menggunakan proses metabolik sel inangnya.
3. Identifikasi benda-benda berikut apakah termasuk makhluk hidup atau benda mati dan berikan alasannya.
a. Padi
b. Burung
c. Pulpen
d. Meja

Jawaban: Identifikasi makhluk hidup atau benda mati dan alasannya:
a. Padi: Makhluk hidup. Padi memiliki karakteristik tumbuh, berkembang, bereproduksi, dan mengambil energi dari lingkungan untuk tumbuh.
b. Burung: Makhluk hidup. Burung memiliki kemampuan bergerak, tumbuh, berkembang, bereproduksi, serta mengambil dan menggunakan energi.
c. Pulpen: Benda mati. Pulpen tidak memiliki karakteristik kehidupan seperti bergerak, tumbuh, atau merespons rangsangan.
d. Meja: Benda mati. Meja tidak memiliki karakteristik kehidupan seperti bergerak, tumbuh, atau bereproduksi.

4. Beberapa mainan robotik menunjukkan seolah-olah mereka hidup. Misalnya, mereka menunjukkan kapan mereka membutuhkan ‘makan’.
a. Sebutkan ciri-ciri kehidupan yang mereka perlihatkan dan yang tidak mereka tunjukkan.
b. Apakah mainan tersebut termasuk makhluk hidup?

Jawaban: ciri-ciri kehidupan pada mainan robotik:
a. Ciri-ciri kehidupan yang mungkin ditunjukkan oleh mainan robotik adalah kemampuan bergerak atau merespons perintah, serta mungkin memiliki fitur "makanan" untuk dimasukkan ke dalamnya. Tetapi, robotik tidak menunjukkan kemampuan tumbuh, berkembang, atau bereproduksi.

b. Walaupun mainan robotik bisa menunjukkan beberapa ciri kehidupan, mereka secara fundamental tidak dianggap sebagai makhluk hidup karena mereka tidak memiliki proses metabolisme sendiri, tidak dapat bereproduksi secara alami, dan tergantung pada perintah atau program yang diberikan oleh manusia.