Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 175 Topik B: Indonesiaku Kaya Hayatinya

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 175 Topik B: Indonesiaku Kaya Hayatinya.

1.  Apa hubungan kondisi geografis dengan keanekaragaman hayati di Indonesia?
Jawaban: Hubungan kondisi geografis dengan keanekaragaman hayati di Indonesia sangat erat karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas dengan berbagai jenis ekosistem. Keanekaragaman hayati muncul karena setiap pulau atau wilayah memiliki kondisi lingkungan yang berbeda-beda, seperti iklim, curah hujan, dan jenis tanah. Kondisi ini memungkinkan berbagai flora dan fauna berkembang biak secara unik, sehingga menghasilkan keanekaragaman genetik, jenis, dan ekosistem yang luar biasa.

2. Apa kekayaan hayati yang ada di daerah tempat tinggal kalian?
Jawaban: Di daerah tempat tinggalku, seperti di kota X, terdapat kekayaan hayati berupa berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Beberapa tumbuhan yang sering kami temui adalah pohon-pohon buah seperti mangga, rambutan, dan jambu. Selain itu, ada juga beragam bunga seperti melati, anggrek, dan kembang sepatu. Untuk hewan, terdapat burung-burung khas daerah ini, seperti jalak suren dan perkutut.

3. Apa manfaat yang bisa didapatkan dari kekayaan hayati tersebut?
Jawaban: Manfaat yang bisa didapatkan dari kekayaan hayati tersebut yaitu berbagai tumbuhan yang tumbuh di sekitar kami bisa dimanfaatkan sebagai sumber bahan pangan, obat-obatan, dan bahan kosmetik alami. Selain itu, keanekaragaman hayati juga menarik wisatawan yang tertarik untuk melihat flora dan fauna yang unik dan langka. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

4. Apakah menurut kalian kekayaan hayati ini sudah dijaga dengan baik? Mengapa?
Jawaban: Menurutku, kekayaan hayati di daerahku belum sepenuhnya dijaga dengan baik, karena beberapa hutan dan lahan alami telah mengalami degradasi akibat dari penebangan liar, perambahan hutan, dan pembukaan lahan untuk pertanian atau perumahan.

5. Apa upaya yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kekayaan hayati ini?
Jawaban: Salah satu upaya yang bisa kami lakukan untuk menjaga kekayaan hayati adalah dengan lebih sadar dalam menggunakan sumber daya alam secara bertanggung jawab. Selain itu, kami juga bisa mendukung kebijakan dan program pemerintah dalam pelestarian lingkungan dan konservasi flora dan fauna langka.