Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 209-210 Topik C: Awas! Kita Bisa Dihukum!

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 4 SD halaman 209-210 Topik C: Awas! Kita Bisa Dihukum!

1. Menurut kalian apa fungsi dibuatnya peraturan?
Jawaban: Fungsi dibuatnya peraturan adalah untuk menciptakan ketertiban dalam masyarakat. Peraturan bertujuan untuk memberikan petunjuk dalam bersikap dan bertindak serta sebagai pengontrol sikap dan tindakan manusia.

2. Apakah peraturan itu penting?
Jawaban: Ya, peraturan sangat penting. Dengan adanya peraturan, kehidupan masyarakat menjadi lebih tertib, aman, dan nyaman untuk beraktivitas. Peraturan juga menciptakan masyarakat yang beradab dan harmonis.

3. Apa yang terjadi apabila sebuah tempat atau daerah tidak memiliki peraturan?
Jawaban: Jika sebuah tempat atau daerah tidak memiliki peraturan, kehidupan masyarakat bisa menjadi tidak teratur. Setiap orang akan berbuat sesuka hati tanpa peduli dengan kepentingan bersama. Hal ini bisa menyebabkan kekacauan dan ketidaknyamanan.

4. Mengapa seseorang bisa melakukan pelanggaran aturan?
Jawaban: Seseorang bisa melakukan pelanggaran aturan karena berbagai alasan, seperti kurangnya kesadaran akan pentingnya aturan, dorongan emosi yang kuat, atau karena mengabaikan tanggung jawab hukum.

5. Bagaimana agar seseorang tidak mengulang melakukan pelanggaran?
Jawaban: Agar seseorang tidak mengulang melakukan pelanggaran, perlu diberlakukan sanksi sebagai bentuk hukuman. Sanksi tersebut bisa berupa rasa malu, penyesalan, denda, atau bahkan hukuman penjara. Tujuannya adalah untuk membuat pelanggar jera dan berpikir dua kali sebelum melanggar aturan lagi. Selain itu, pendidikan dan sosialisasi mengenai pentingnya aturan juga dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan aturan yang berlaku.