Ah, Tidak! Kapur Barus yang Baru Saja Kalian Beli Terinjak dan Hancur Menjadi Berbentuk Serpihan dan Serbuk

Ah, tidak! Kapur barus yang baru saja kalian beli terinjak dan hancur menjadi berbentuk serpihan dan serbuk.

Padahal kalian baru saja berjanji pada ibu kalian untuk membawakan kapur barus yang utuh. Sekarang serbuk kapur barus itu bercampur dengan pasir yang ada di tanah.

Menurut kalian, apa yang harus dilakukan agar bisa memisahkan campuran kapur barus dari campuran pasir?

Jawaban:

Yang harus dilakukan agar bisa memisahkan campuran kapur barus dari campuran pasir adalah dengan menggunakan saringan. Caranya adalah tuangkan campuran ke atas saringan, goyangkan hingga pasir jatuh ke bawah, dan serbuk kapur barus akan tertahan di atas saringan. Bersihkan saringan agar serbuk kapur barus ikut jatuh ke wadah. Selesai!

Penjelasannya:

Untuk memisahkan campuran kapur barus dari campuran pasir, Anda dapat menggunakan metode sederhana yang disebut penyaringan atau penyaringan secara manual. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Ambil sebuah wadah atau nampan yang bersih dan kering untuk menampung campuran kapur barus dan pasir tersebut.

2. Letakkan selembar kain atau saringan halus di atas wadah tersebut. Pastikan kain atau saringan tersebut bersih dan tidak ada kotoran lain yang menempel.

3. Tuangkan seluruh campuran kapur barus dan pasir ke atas kain atau saringan yang telah disiapkan tadi.

4. Dengan hati-hati, goyang-goyangkan wadah atau saringan dengan lembut. Hal ini akan menyebabkan pasir lebih mudah melewati saringan, sedangkan serbuk kapur barus akan tertahan di atas saringan.

5. Setelah proses penyaringan selesai, coba cek wadah atau nampan yang Anda gunakan. Anda akan melihat bahwa pasir sudah berada di dalam wadah, sementara serbuk kapur barus berada di atas saringan.

6. Untuk memastikan tidak ada serbuk kapur barus yang tersisa di pasir, Anda bisa menggunakan sikat atau tangan untuk membersihkan saringan dengan lembut. Pastikan serbuk kapur barus yang tertinggal di saringan juga ikut jatuh ke dalam wadah.

7. Sekarang Anda telah berhasil memisahkan campuran kapur barus dari campuran pasir. Kapur barus yang berupa serbuk sudah terpisah dan dapat Anda gunakan sesuai keinginan.