Selama Mencoba Scratch, Menurut Kalian Fungsi/Method Apa yang Paling Mudah dan Yang Paling Sulit

Selama mencoba Scratch, menurut kalian fungsi/method apa yang paling mudah dan yang paling sulit untuk digunakan/dimengerti? Ceritakan dengan bahasa kalian!

Jawaban:

Selama mencoba Scratch, menurut saya fungsi/method yang paling mudah adalah "gerakan" karena penggunaannya sederhana. Sementara fungsi yang sulit adalah "penyiaran" karena memerlukan pemahaman lebih untuk mengirim dan menerima pesan antar karakter di Scratch. Tetapi dengan latihan, semuanya akan menjadi lebih mudah dipahami!

Pembahasan:

Saat mencoba Scratch, ada beberapa fungsi yang mungkin akan terasa mudah atau sulit untuk digunakan.
 
Fungsi yang paling mudah untuk dimengerti adalah "bergerak" atau "gerakan." Dengan fungsi ini, kamu bisa mengendalikan karakter atau objek di Scratch untuk bergerak ke kiri, ke kanan, maju, atau mundur. Penggunaannya sederhana dan mudah dipahami, karena kamu hanya perlu menarik beberapa blok dan meletakkannya bersamaan, lalu karaktermu akan bergerak seperti yang kamu inginkan!

Sementara itu, fungsi yang mungkin akan terasa sulit adalah "penyiaran" atau "broadcast." Ketika kamu menggunakan fungsi ini, kamu harus mengerti bagaimana pesan dikirim dan diterima antar karakter atau objek di Scratch. Pada awalnya, hal ini bisa membingungkan karena pesan harus benar-benar sesuai agar karakter yang dituju dapat merespons dengan benar. Namun, dengan latihan dan pemahaman yang lebih baik, kamu akan lebih mudah memahami cara kerja fungsi penyiaran ini.