Judul Laporan di Atas adalah “Kuat untuk Melindungi”. Menurut Kalian, Apa Makna yang Ingin di Sampaikan Penulis dengan Judulnya Ini?

Judul laporan di atas adalah “Kuat untuk Melindungi”. Menurut kalian, apa makna yang ingin disampaikan penulis dengan judulnya ini?

Jawaban:

Menurut saya, makna yang ingin disampaikan penulis dengan judul “Kuat untuk Melindungi” adalah belajar silat memberikan kekuatan untuk melindungi diri dan orang lain, bukan untuk balas dendam atau menyakiti.

Penjelasannya:

Judul laporan "Kuat untuk Melindungi" ingin menyampaikan makna bahwa belajar ilmu bela diri, khususnya pencak silat, memberikan kekuatan dan keterampilan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Dalam konteks cerita, Kak Puspita awalnya tertarik belajar silat karena ingin bisa melawan para pengganggu dan membalas perlakuan mereka.

Namun, setelah belajar lebih dalam, Kak Puspita menyadari bahwa tujuan sejati dari bela diri adalah untuk melindungi, bukan untuk balas dendam.

Silat diajarkan sebagai seni bela diri yang mengedepankan nilai luhur, seperti menghindar dan menangkis serangan terlebih dahulu sebelum menggunakan kekuatan untuk melukai lawan.

Dengan menguasai silat, seseorang menjadi kuat untuk melindungi diri sendiri dan orang lain, bukan untuk menyakiti orang lain.