Interaksi Antarruang di Dunia Menyebabkan Suatu Negara Bisa Mendapatkan Barang yang Tidak Dapat Diproduksi di Negaranya

Interaksi antarruang di dunia menyebabkan suatu negara bisa mendapatkan barang yang tidak dapat diproduksi di negaranya. Hal tersebut merupakan dampak dari interaksi antarruang dalam bidang....
A. Budaya
B. Ekonomi
C. Pertahanan
D. Politik

Jawaban: B. Ekonomi

Interaksi antarruang di dunia, seperti perdagangan internasional, memungkinkan negara untuk mendapatkan barang yang tidak dapat diproduksi di negaranya sendiri melalui impor.

Hal ini terjadi dalam kerangka hubungan ekonomi antara negara-negara, di mana negara-negara saling berinteraksi dalam perdagangan, investasi, dan transfer teknologi.

Melalui interaksi ekonomi antarruang, negara-negara dapat memanfaatkan keunggulan komparatif, yaitu kemampuan suatu negara untuk memproduksi suatu barang atau layanan dengan biaya relatif lebih rendah daripada negara lain.

Dengan memanfaatkan keunggulan komparatif, negara dapat mengimpor barang yang tidak dapat diproduksi secara efisien di negaranya sendiri dan mengkonsentrasikan produksinya pada barang dan layanan yang dapat diproduksi secara efisien.

Selain itu, interaksi ekonomi antarruang juga memungkinkan negara untuk memperluas pasar ekonominya dengan mengekspor barang dan layanan yang diproduksi secara efisien di negaranya.

Dalam konteks ini, interaksi antarruang dalam bidang ekonomi memainkan peran penting dalam memfasilitasi perdagangan internasional, aliran investasi, pertukaran teknologi, dan integrasi ekonomi global secara lebih luas.