Buatlah Sebuah Proyek Sederhana di Mana Ketika Bendera Hijau Dipilih (Klik), Sprite Kucing Akan Terus Berjalan Sampai Ujung

Buatlah sebuah proyek sederhana di mana ketika bendera hijau dipilih (klik), sprite kucing akan terus berjalan sampai ujung dan kembali ke awal (posisi -190, 0), lalu jalan lagi. Jangan lupa, sprite kucing harus terlihat seperti berjalan normal. Tetapi, apabila sprite tersebut dipilih (klik), di mana pun posisinya, sprite kucing akan kembali ke titik awal.

Apabila sprite kucing dipilih (klik),  akan ada suara meow 1 x dan backdrop akan berubah terus-menerus (suara meow dan pergantian backdrop terjadi bersamaan). Pilihan backdrop-nya ialah: Baseball 1, Basketball 1, dan Castle 2.

Ketika backdrop menampilkan Baseball 1, akan muncul sprite Baseball yang terus berputar di tempat. Posisi sprite baseball terus di titik (-85, -30).

Ketika backdrop menampilkan Basketball 1, akan muncul sprite Basketball yang terus berputar di tempat. Posisi sprite basketball terus di titik (0, -40).

Ketika backdrop lainnya yang muncul, sprite Baseball dan Basketball tidak muncul.

Tuliskan dalam bentuk laporan sederhana bagaimana cara kalian membuatnya dan jelaskan menurut versi kalian!

Jawaban:

Judul Proyek: Animasi Kucing Berjalan dengan Pergantian Backdrop dan Suara Meow

Pendahuluan

Proyek ini bertujuan untuk membuat animasi sederhana dengan menggunakan Scratch atau platform pemrograman visual lainnya. Pada proyek ini, kami akan membuat sebuah sprite kucing yang bisa berjalan, kembali ke awal, dan mengeluarkan suara meow saat di klik. Selain itu, kami juga akan menambahkan backdrop yang berubah-ubah dengan tampilan dan perilaku sprite berbeda pada setiap backdrop-nya.

Langkah-langkah Pembuatan Proyek

1. Menambahkan Sprite Kucing
Buka platform Scratch dan buat proyek baru.
Pilih atau buat sprite kucing (sprite berbentuk kucing) dan tambahkan ke panggung.

2. Membuat Animasi Berjalan Kucing
Dalam mode skrip, buat skrip untuk sprite kucing agar bisa berjalan ke kanan terus menerus.
Jika kucing berjalan ke luar batas panggung, atur posisi kucing kembali ke awal (posisi -190, 0).

3. Membuat Aksi Klik pada Kucing
Tambahkan skrip agar kucing bisa bereaksi ketika di klik.
Jika kucing di klik, maka kucing akan kembali ke titik awal (posisi -190, 0).

4. Menambahkan Suara Meow
Import suara meow dan tambahkan ke sprite kucing.
Tambahkan skrip agar suara meow dapat diputar satu kali setiap kali kucing di klik.

5. Menambahkan Backdrop
Tambahkan beberapa backdrop dengan gambar Baseball 1, Basketball 1, dan Castle 2.
Setiap backdrop memiliki perilaku sprite yang berbeda.

6. Membuat Perilaku pada Backdrop Baseball 1
Pada backdrop Baseball 1, tambahkan sprite Baseball yang berputar di tempat.
Setel posisi sprite Baseball menjadi (-85, -30) agar selalu muncul di posisi tersebut.

7. Membuat Perilaku pada Backdrop Basketball 1
Pada backdrop Basketball 1, tambahkan sprite Basketball yang berputar di tempat.
Setel posisi sprite Basketball menjadi (0, -40) agar selalu muncul di posisi tersebut.

8. Mengatur Tampilan Backdrop Lainnya
Pada backdrop selain Baseball 1 dan Basketball 1, pastikan sprite Baseball dan Basketball tidak muncul dengan cara menyembunyikannya.

9. Mengatur Pergantian Backdrop dan Suara Meow
Tambahkan skrip agar backdrop berubah-ubah secara terus-menerus ketika kucing di klik.
Selama pergantian backdrop, mainkan juga suara meow.

Penutup

Dengan proyek sederhana ini, kami telah berhasil membuat animasi kucing yang dapat berjalan dan kembali ke titik awal ketika diklik. Ketika kucing diklik, kami mendengar suara meow dan backdrop berubah-ubah dengan sprite berbeda pada masing-masing backdrop-nya. Backdrop Baseball 1 menampilkan sprite Baseball yang berputar di tempat pada posisi (-85, -30), sedangkan backdrop Basketball 1 menampilkan sprite Basketball yang berputar di tempat pada posisi (0, -40). Pada backdrop lainnya, sprite Baseball dan Basketball tidak muncul. Semua ini menciptakan sebuah animasi sederhana yang menyenangkan dan interaktif.