Bagaimana Kebiasaan di Rumah Kalian Terhadap Barang-Barang yang Sudah Tidak Kalian Pakai?

Bagaimana kebiasaan di rumah kalian terhadap barang-barang yang sudah tidak kalian pakai? Apakah baju, sepatu, tas, atau buku kalian dijual, diberikan kepada adik, atau disumbangkan? Ceritakan dan tuliskan di buku tulis kalian.

Ketika menulis, perhatikan untuk: 
• menggunakan tanda baca yang tepat; dan 
• menggunakan setidaknya 2 kalimat transitif dan 2 kalimat  intransitif.

Jawaban:

Di rumah kami, kebiasaan terhadap barang-barang yang sudah tidak kami pakai adalah memberikan kepada adik-adik kami yang lebih muda. Ketika ada baju, sepatu, tas, atau buku yang sudah tidak digunakan lagi oleh kami, kami selalu memberikan kepada adik-adik kami yang masih bisa menggunakannya.

Beberapa kali kami juga menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai melalui toko online untuk mendapatkan sedikit uang tambahan.

Namun, kebanyakan barang kami berikan kepada adik-adik karena kami merasa senang bisa membantu mereka dan barang-barang tersebut bisa digunakan kembali dengan baik.

Misalnya, beberapa waktu lalu aku memberikan koleksi buku cerita lama yang sudah tidak kubaca lagi kepada adik perempuanku. Dia sangat senang dan langsung membacanya dengan antusias. Begitu juga dengan baju-baju yang sudah mulai kekecilan untukku, aku sering memberikannya kepada adik laki-lakiku yang lebih muda.

Selain itu, ada juga beberapa barang seperti mainan atau peralatan sekolah yang kami sumbangkan ke panti asuhan atau sekolah-sekolah di sekitar.

Kami merasa bahagia bisa berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Berikut adalah contoh 2 kalimat transitif dan 2 kalimat intransitif:

Kalimat transitif:
1. Aku memberikan koleksi buku cerita lama yang sudah tidak kubaca lagi kepada adik perempuanku.
2. Kami menjual beberapa barang yang sudah tidak terpakai melalui toko online.

Kalimat intransitif:
1. Adik-adik kami senang menerima barang-barang yang kami berikan.
2. Kami merasa bahagia bisa berbagi dengan mereka yang membutuhkan.