Apakah Kalian Setuju Bahwa Ilmu Bela Diri Bukan Untuk Berkelahi? Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 89

Apakah kalian setuju bahwa ilmu bela diri bukan untuk berkelahi? Jelaskan jawaban kalian!

Jawaban:

Ya, saya setuju bahwa ilmu bela diri bukan untuk berkelahi, tetapi untuk melindungi diri dan orang lain dari bahaya, bukan untuk balas dendam atau menyakiti orang lain.

Penjelasannya: 

Ya, saya setuju bahwa ilmu bela diri, termasuk pencak silat, seharusnya bukan digunakan untuk berkelahi.

Dalam teks tersebut, Kak Puspita menjelaskan bahwa pentingnya sikap berteman dan melindungi dalam belajar ilmu bela diri.

Tujuan utama dari mempelajari bela diri adalah untuk bisa melindungi diri sendiri dan orang lain dari bahaya, bukan untuk mencari balas dendam atau menyakiti orang lain.

Dalam pencak silat, terdapat nilai luhur yang diajarkan, seperti menghindar dan menangkis sebagai langkah awal untuk menghadapi serangan.

Barulah jika terpaksa, kita dapat menggunakan gerakan untuk mematahkan serangan lawan tanpa menyakiti mereka secara berlebihan.

Ilmu bela diri membawa manfaat positif, seperti tubuh yang lebih sehat dan bugar, kemampuan berkonsentrasi yang lebih baik, serta membentuk pribadi yang lebih baik.

Jadi, tujuan utamanya adalah untuk membangun kedisiplinan, kepercayaan diri, dan menghargai nilai-nilai kebaikan.

Oleh karena itu, ilmu bela diri, termasuk pencak silat, sebaiknya dipahami dan digunakan dengan bijaksana, yaitu untuk melindungi diri dan orang lain, bukan untuk mencari konflik atau menyakiti orang lain tanpa alasan yang benar.

Dengan demikian, pemahaman dan praktik bela diri yang benar akan membantu kita menjadi individu yang lebih bertanggung jawab dan membawa dampak positif bagi masyarakat dan budaya bangsa kita.