Apakah Ada Contoh Permasalahan yang Lain dalam Kehidupan Sehari-Hari yang Dapat Diselesaikan dengan Teknik Pemrograman Dinamis

Apakah ada contoh permasalahan yang lain dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan teknik pemrograman dinamis (atau setidaknya, dimana teknik memoisasi dapat diterapkan)?

Jawaban:

Ada banyak contoh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan teknik pemrograman dinamis atau dengan menerapkan memoisasi, diantaranya:

1. Penentuan rute terpendek pada graf
Misalkan kita memiliki jaringan jalan dengan simpul-simpul yang terhubung oleh jalur-jalur. Untuk mencari rute terpendek antara dua simpul tertentu, kita dapat menggunakan algoritma Dijkstra yang memanfaatkan teknik pemrograman dinamis.

Dalam algoritma ini, memoisasi dapat digunakan untuk menyimpan jarak terpendek antara simpul-simpul yang telah diketahui sebelumnya, sehingga menghindari perhitungan ulang yang tidak perlu saat menentukan rute terpendek.

2. Pemotongan batang kayu
Jika kita memiliki sejumlah batang kayu dengan panjang yang berbeda-beda, dan kita perlu memotongnya menjadi beberapa bagian dengan panjang tertentu, kita dapat menerapkan teknik pemrograman dinamis.

Dalam hal ini, memoisasi dapat digunakan untuk menyimpan hasil dari setiap kombinasi pemotongan yang telah dicoba sebelumnya, sehingga menghindari perhitungan berulang yang tidak perlu.