Jawaban: Untuk mengetahui warna dominan burung merpati, seseorang peneliti melakukan pengamatan pada 200 ekor merpati yang ada disuatu daerah. Merpati pertama yang dia lihat berwarna putih. Begitu pula merpati berikutnya hingga merpati ke-200 juga bewarna putih. Dalam hal ini, kejadian tersebut

Untuk mengetahui warna dominan burung merpati, seseorang peneliti melakukan pengamatan pada 200 ekor merpati yang ada disuatu daerah. Merpati pertama yang dia lihat berwarna putih. Begitu pula merpati berikutnya hingga merpati ke-200 juga bewarna putih. Dalam hal ini, kejadian tersebut...
A. Merupakan contoh induksi matematika, karena merpati ke-201 juga pasti berwarna putih.
B. Merupakan contoh induksi matematika, karena 100% merpati tersebut berwarna putih.
C. Merupakan contoh induksi matematika, karena merpati pertama berwarna putih.
D. Bukan merupakan contoh induksi matematika, karena meskipun merpati ke-200 berwarna putih, tetapi merpati ke-201 belum tentu putih.
E. Bukan merupakan contoh induksi matematika, karena merpati ke-201 berwarna putih.

Jawaban: B. Merupakan contoh induksi matematika, karena 100% merpati tersebut berwarna putih.

Pembahasan:
Pernyataan tersebut merupakan contoh induksi matematika karena berdasarkan pengamatan pada 200 ekor merpati, peneliti menyimpulkan bahwa semua merpati yang diamati memiliki warna yang sama, yaitu putih.

Dalam induksi matematika, kita menggunakan contoh-contoh spesifik untuk menarik kesimpulan umum. Meskipun tidak ada jaminan bahwa merpati ke-201 akan berwarna putih, kesimpulan umum yang diambil adalah bahwa semua merpati dalam populasi ini memiliki warna yang sama, yaitu putih.

Oleh karena itu, jawaban A dan C salah karena tidak menjelaskan alasan mengapa ini adalah contoh induksi matematika. Jawaban D salah karena merpati ke-201 mungkin saja berwarna putih berdasarkan kesimpulan yang diambil.

Jawaban E salah karena merpati ke-201 belum diamati dan tidak terkait dengan kesimpulan yang diambil oleh peneliti.

Komentar