Jawaban: Mengapa seorang penghayat kepercayaan /agama lokal memikul tanggung jawab menjadi penyuluh atau harus meneladankan nilai kearifan lokal terkait kepribadian, saling mencintai, ramah lingkungan di daerahnya? Bagaimana bisa tanggung jawab besar itu serta merta ada di pundak penghayat? Jelaskan kaitannya dengan hubungan ajaran kepercayaan dengan adat-budaya setempat.

Mengapa seorang penghayat kepercayaan /agama lokal memikul tanggung jawab menjadi penyuluh atau harus meneladankan nilai kearifan lokal terkait kepribadian, saling mencintai, ramah lingkungan di daerahnya? Bagaimana bisa tanggung jawab besar itu serta merta ada di pundak penghayat? Jelaskan kaitannya dengan hubungan ajaran kepercayaan dengan adat-budaya setempat.

Jawaban:

Seorang penghayat kepercayaan /agama lokal memikul tanggung jawab menjadi penyuluh atau harus meneladankan nilai kearifan lokal terkait kepribadian, saling mencintai, ramah lingkungan di daerahnya karena kepercayaan atau agama lokal dianggap sebagai bagian integral dari kebudayaan dan identitas masyarakat setempat.

Tanggung jawab besar itu ada di pundak penghayat, untuk memelihara, mengembangkan, dan menyebarluaskan adat-budaya setempat sebagai bagian dari ajaran kepercayaan, karena mereka dianggap menjadi teladan dan penyuluh bagi generasi muda dan masyarakat sekitarnya dalam menjalankan ajaran dan nilai-nilai kepercayaan atau agama lokal dengan baik dan benar.

Kaitannya dengan hubungan ajaran kepercayaan dengan adat-budaya setempat adalah ajaran kepercayaan dan adat-budaya setempat sama-sama mempengaruhi dan membentuk cara hidup dan nilai-nilai masyarakat setempat.

Komentar