Jawaban: Mengapa penguasaan Bahasa daerah tingkat halus (asli), dan kemampuan membaca aksara tradisional serta kesusastraan lama itu penting? Apa kaitannya dengan kearifan lokal?

Mengapa penguasaan Bahasa daerah tingkat halus (asli), dan kemampuan membaca aksara tradisional serta kesusastraan lama itu penting? Apa kaitannya dengan kearifan lokal?

Jawaban:

Penguasaan Bahasa daerah tingkat halus (asli), dan kemampuan membaca aksara tradisional serta kesusastraan lama itu penting karena merupakan bagian dari kearifan lokal suatu daerah atau bangsa agar masyarakatnya dapat lebih memahami sejarah, kepercayaan, dan nilai-nilai masyarakat yang ada di daerah tersebut.

Kaitannya dengan kearifan lokal yaitu untuk mempertahankan dan mengembangkan kearifan lokal mereka melalui penggunaan bahasa daerah, pembelajaran kesusastraan lama, dan pengenalan aksara tradisional.

Dengan demikian, kearifan lokal dapat dijaga dan dilestarikan untuk generasi selanjutnya dan terus menjadi bagian dari identitas dan warisan budaya suatu daerah.

Komentar