Jawaban: Di daerah tertentu kita dapat melihat adanya upacara ritual tradisi dilengkapi dengan ‘sesaji’ dari berbagai makanan, yang ditata dengan indah dan sesuai cara dan bentuk yang diwarisi turun temurun. Apa yang paling mungkin keterkaitannya dengan pola kehidupan sehari-hari masyarakat sekitarnya, terlepas dari agama atau kepercayaan yang dianut?

Di daerah tertentu kita dapat melihat adanya upacara ritual tradisi dilengkapi dengan ‘sesaji’ dari berbagai makanan, yang ditata dengan indah dan sesuai cara dan bentuk yang diwarisi turun temurun. Apa yang paling mungkin keterkaitannya dengan pola kehidupan sehari-hari masyarakat sekitarnya, terlepas dari agama atau kepercayaan yang dianut?
A. Cara memperoleh nafkah dan menggunakannya
B. Adanya kesamaan digunakannya sesaji pada berbagai kepercayaan
C. Jenis sesaji dipengaruhi tradisi kuliner setempat
D. Cara pengemasan makanan sehari-hari persis seperti sesaji upacara
E. Terlihat pada tradisi adat kekerabatan menampilkan bentuk “sesaji” dengan makna berbeda

Jawaban: A. Cara memperoleh nafkah dan menggunakannya

Upacara ritual dengan sesaji biasanya dilakukan dalam rangka memohon berkah dan keberkahan dari yang dianggap sebagai kekuatan spiritual atau alam. Masyarakat yang melakukan upacara ritual tersebut biasanya berasal dari latar belakang yang sama dan memiliki cara hidup yang serupa, terutama dalam hal memperoleh nafkah dan menggunakannya.

Dalam upacara tersebut, sesaji ditampilkan dengan indah dan sesuai dengan cara dan bentuk yang diwarisi turun temurun sebagai wujud penghormatan dan penghargaaan terhadap makanan dan sumber daya alam yang menjadi sumber kehidupan mereka sehari-hari.

Dengan demikian, dapat dilihat bahwa ada keterkaitan antara pola kehidupan sehari-hari masyarakat dengan adanya upacara ritual tradisi dengan sesaji.

Komentar