Jawaban: Dalam konteks kehidupan sekarang kepercayaan sudah dianggap terpisah dengan adat. Adat dimaknai hanya sebagai tatanan hubungan sosial sesama manusia tanpa nilai-nilai religi keTuhanan. Bagi Penghayat kepercayaan dasar kesamaan Adat dan penghayatan kepercayaan sebagai laku sosial adalah

Dalam konteks kehidupan sekarang kepercayaan sudah dianggap terpisah dengan adat. Adat dimaknai hanya sebagai tatanan hubungan sosial sesama manusia tanpa nilai-nilai religi keTuhanan. Bagi Penghayat kepercayaan dasar kesamaan Adat dan penghayatan kepercayaan sebagai laku sosial adalah....
A. Pelaksanaannya harus didasari tata upacara religius kepercayaan.
B. Keduanya terikat faktor ekonomi sebagai transaksi imbalan atau jasa.
C. Dilandasi pemenuhan kewajiban saling menghargai dan mencintai sesama.
D. Adanya kesamaan menggunakan perangkat upacara sesuai budaya setempat.
E. Kepercayaan dan adat didasarkan pada kedekatan emosional kekerabatan satu leluhur.

Jawaban: C. Dilandasi pemenuhan kewajiban saling menghargai dan mencintai sesama.

Adat dan penghayatan kepercayaan memiliki dasar kesamaan yaitu pemenuhan kewajiban saling menghargai dan mencintai sesama. Hal ini menjadi dasar laku sosial yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kepercayaan, nilai-nilai seperti kasih sayang, kebersamaan, dan persatuan sangat dihargai dan diterapkan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam hubungan sosial antarmanusia, lingkungan, dan Tuhan.

Adat juga memiliki nilai-nilai sosial yang sangat penting, seperti kesopanan, kerja sama, dan toleransi. Oleh karena itu, kepercayaan dan adat sangat erat kaitannya dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Komentar