Jawaban: Benda-benda langit yang paling lazim digunakan sebagai pedoman waktu siklus tahunan masyarakat tradisional di berbagai belahan dunia adalah (pilih 3 di antaranya)

Benda-benda langit yang paling lazim digunakan sebagai pedoman waktu siklus tahunan masyarakat tradisional di berbagai belahan dunia adalah... (pilih 3 di antaranya)
A. Saturnus.
B. Matahari
C. Rasi bintang Orion.
D. Bulan.
E. Bintang Kartika/ Belantik.

Jawaban: B, D, E

Jawaban B, D, dan E adalah benda-benda langit yang lazim digunakan sebagai pedoman waktu siklus tahunan masyarakat tradisional di berbagai belahan dunia karena:

B. Matahari: Matahari merupakan benda langit yang sangat penting bagi masyarakat tradisional sebagai pedoman waktu, terutama dalam menentukan musim. Siklus musim yang bergantung pada posisi Matahari seperti musim panas, musim hujan, dan musim dingin sangat mempengaruhi aktivitas pertanian dan perikanan, yang merupakan mata pencaharian utama bagi banyak masyarakat tradisional.

D. Bulan: Bulan merupakan benda langit yang sangat penting dalam kalender lunar, yang digunakan oleh banyak masyarakat tradisional. Bulan digunakan sebagai acuan untuk menentukan tanggal penting seperti hari raya atau ritual keagamaan, dan juga untuk menentukan siklus musim, terutama untuk memprediksi waktu panen.

E. Bintang Kartika/ Belantik: Bintang Kartika atau Belantik, yang juga dikenal sebagai Pleiades, adalah rasi bintang yang terlihat dari belahan bumi utara dan selatan. Bintang ini sering digunakan sebagai acuan waktu oleh masyarakat tradisional dalam menentukan awal musim tanam atau musim panen. Beberapa masyarakat tradisional di Indonesia juga menggunakan Bintang Kartika sebagai acuan dalam menentukan waktu tertentu, seperti waktu menikah atau mengadakan upacara adat.

Komentar