Kunci Jawaban Tugas Sejarah Kelas 10 SMK Halaman 62

Berikut soal tugas mata pelajaran Sejarah kelas X SMK, halaman 62 lengkap dengan kunci jawaban.

Tugas:
1. Berdasarkan materi tentang jenis historiografi Indonesia, temukan perbedaan dan persamaan dari ketiga historiografi tersebut!

Jawaban:

Perbedaan:
Historiografi Tradisional merupakan bentuk penulisan sejarah yang bersifat mitologis dan dipengaruhi oleh keyakinan, agama, dan kepercayaan yang ada pada masyarakat pada masa itu. 

Sementara itu, Historiografi Kolonial merupakan jenis penulisan sejarah yang dilakukan oleh penulis kolonial, yang biasanya cenderung memandang masyarakat lokal sebagai objek dan penjajah sebagai subjek dalam penulisan sejarah. Historiografi Kolonial ini sering dianggap sebagai upaya kolonial untuk membenarkan penjajahan mereka.

Sedangkan Historiografi Modern mengutamakan metode ilmiah dalam penulisan sejarah, menghindari bias dan pendekatan yang bersifat politis atau ideologis, serta memperhitungkan berbagai sumber dan sudut pandang dalam menulis sejarah.

Persamaan:
Ketiganya sama-sama berfokus pada studi sejarah sebagai disiplin ilmu dan memiliki tujuan untuk memahami masa lalu melalui analisis sumber-sumber historis. Serta sama-sama berusaha untuk memberikan interpretasi dan makna dari peristiwa masa lalu untuk menjelaskan perubahan dan pengaruhnya pada masa kini.


2. Tuliskan pendapat dan alasan kalian, historiografi mana yang
lebih baik?

Jawaban: Menurut saya, historiografi yang lebih baik adalah Historiografi Modern. Karena Historiografi Modern mengutamakan metode ilmiah dalam penulisan sejarah, menghindari bias dan pendekatan yang bersifat politis atau ideologis, serta memperhitungkan berbagai sumber dan sudut pandang dalam menulis sejarah.

Komentar