Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 Diakronis (Kronologi) dan Sinkronis dalam Sejarah, Halaman 40, 43, dan 44

Berikut soal mata pelajaran Sejarah kelas X SMK materi Diakronis (Kronologi) dan Sinkronis dalam Sejarah, halaman 40, 43, dan 44 lengkap dengan kunci jawaban

A. Pertanyaan reflektif (halaman 40)
1. Berdasarkan artikel tersebut, jelaskan perubahan dari pe- ngaruh pengakuan kedaulatan RI terhadap sistem moneter Indonesia, khususnya uang?

Jawab: Pengakuan kedaulatan RI oleh Belanda pada Desember 1949 membuat Indonesia memiliki kendali penuh terhadap kebijakan moneter, perbankan, dan sistem pembayaran di dalam negeri.

2. Hal apa sajakah yang telah kalian pelajari dari tugas ini? Sebutkan minimal dua hal.

Jawab: 1.) Indonesia memiliki lembaga bank sentral sendiri dengan nama Bank Indonesia. 2). Bank Indonesia bertanggung jawab penuh atas kebijakan moneter, perbankan, dan sistem pembayaran di Indonesia.


B. Pertanyaan tugas (halaman 43)
1. Analisislah perbedaan dari berbagai periode Revolusi Industri!

Jawab:
a). Revolusi Industri pertama (1760-1840): adopsi mesin tenun dan pemintalan mekanis, ditemukan mesin uap.

b). Revolusi Industri kedua (1870-1914): pengembangan mesin pembakaran internal dan penggunaan listrik, memungkinkan produksi massal dan perluasan pasar global.

c). Revolusi Industri ketiga (1945-1990): kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, seperti komputer dan internet. Memungkinkan pengembangan revolusi digital dan globalisasi.

d). Revolusi Industri 4.0 (mulai 2010): konvergensi teknologi digital, fisik, dan biologis, seperti kecerdasan buatan, robotik, dan nanoteknologi. Menghasilkan perubahan besar dalam cara hidup, bekerja, dan berinteraksi.


2. Jelaskan dampak dari berbagai periode Revolusi Industri pada masyarakat Indonesia!

Jawab:
a). Memungkinkan produksi massal yang lebih efisien
b). menghasilkan kemajuan dalam sistem komunikasi, transportasi dan logistik
c). penggunaan kecerdasan buatan, robotik, dan nanoteknologi untuk semua sektor ekonomi di Indonesia

3. Jelaskan pengaruh Revolusi Industri 4.0 bagi generasi milenial!

Jawab: memberikan kemudahan bagi Generasi milenial untuk berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain, dengan penggunaan media sosial dan aplikasi chatting yang semakin populer serta memiliki keahlian teknologi yang lebih baik dalam memasuki pasar tenaga kerja yang semakin kompetitif.


C. Pertanyaan reflektif (halaman 44)
1. Hal baru apa yang telah kalian pelajari dari penugasan ini?

Jawab: 
a). Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan besar pada dunia kerja dan kehidupan sosial
b. Hadirnya Revolusi Industri 4.0 mengubah cara kerja manusia dan meningkatkan produktivitas.


2. Tuliskan tiga tantangan yang kalian hadapi untuk menyikapi Revolusi Industri 4.0!

Jawab:
a). Persaingan dunia kerja semakin ketat, untuk itu generasi muda perlu berkompetisi dengan rekan-rekan sejawat dari seluruh dunia yang memiliki keterampilan serupa.
b). Meskipun generasi muda terbiasa dengan teknologi, masih banyak di antara mereka yang kurang menguasai keterampilan digital yang diperlukan di era Revolusi Industri 4.0. Oleh karena itu, perlu terus belajar dan mengasah keterampilan tersebut.
c. Kemajuan Revolusi Industri 4.0 membawa risiko terhadap privasi dan keamanan data. Oleh karena itu, generasi muda perlu melindungi data pribadi.

3. Tuliskan solusi yang dapat kalian lakukan di masa mendatang untuk menyikapi tantangan dari Revolusi Industri 4.0!

Jawab:
a). Perlu belajar keterampilan dan pengetahuan tentang penggunaan teknologi
b). Terus berinovasi dan menciptakan hal-hal baru
c). Belajar bekerja sama dengan orang dari berbagai latar belakang dan bidang yang memiliki keahlian dan pengalaman yang berbeda.
d). Memanfaatkan teknologi dan menciptakan peluang bisnis baru yang dapat menghasilkan nilai dan memenuhi kebutuhan pasar.

Komentar