Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 Berpikir Sinkronis, Halaman 50

Berikut soal mata pelajaran Sejarah kelas X SMK materi Berpikir Sinkronis, halaman 50 lengkap dengan kunci jawaban.

A. Tugas:
1. Analisislah Sumber Daya Alam (SDA) Kepulauan Banda pada abad ke 6 yang menjadi daya tarik berbagai bangsa datang ke kepulauan itu? Jelaskan pula manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari kalian?

Jawab: Kepulauan Banda pada abad ke-6 merupakan daerah yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), terutama rempah-rempah seperti cengkeh, pala, dan lada. Hal ini menjadikan kepulauan ini menjadi daya tarik bagi banyak bangsa yang datang ke wilayah tersebut, seperti bangsa Arab, Tiongkok, dan India.

Manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari:
a). Cengkeh bermanfaat sebagai meningkatkan rasa makanan, minuman, obat-obatan dan parfum.
b). Pala digunakan sebagai penenang dan obat penawar racun.
c). Lada digunakan mengobati masalah perut dan mengurangi rasa sakit.


2. Kegiatan ekonomi apa yang menonjol di Kepulauan Banda? Jelaskan!

Jawab: Kegiatan ekonomi utama di Kepulauan Banda pada masa itu adalah perdagangan rempah-rempah dengan bangsa Eropa, terutama Belanda dan Portugis. Karena saat itu rempah-rempah sangat berharga bagi bangsa Eropa.

3. Jelaskan bagaimana reaksi rakyat Banda menyikapi berbagai bangsa Eropa yang datang ke Kepulauan Banda?

Jawab: Reaksi rakyat Banda dalam menyikapi berbagai bangsa Eropa datang ke Kepulauan Banda awalnya cukup positif karena mereka menganggap bangsa Eropa sebagai mitra dagang yang potensial. Seiring waktu, bangsa Eropa mulai menuntut monopolisasi perdagangan pala di Kepulauan Banda. Mereka mulai menggunakan kekerasan dan kekuasaan untuk mencapai tujuan mereka. Rakyat Banda kemudian memberontak melawan penjajah Eropa yang menindas dan mengambil hak-hak mereka.

4. Jelaskan hubungan antara Pulau Run (salah satu pulau di Kepulauan Banda) dan Manhattan, New York, pada tahun 1667?

Jawab: Keduanya sama-sama menjadi negara yang dikuasai oleh Belanda dan Inggris melalui perjanjian Breda. Pada zaman penjajahan Pulau Run merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki tanaman pala yang sangat melimpah.


B. Pertanyaan reflektif:
Dari tugas ini, hal baru apa yang telah kalian ketahui dan ketrampilan baru apa yang telah kalian dapatkan?

Jawab: Hal-hal baru yang telah saya ketahui dari tugas ini adalah sejarah dan kisah kepulauan Banda yang menjadi tempat utama perdagangan rempah-rempah pada abad ke-6 dan juga bagaimana kepulauan ini menjadi pusat perjuangan dan perang antara berbagai negara Eropa untuk memperebutkan kekayaan alamnya.

Ketrampilan baru yang saya dapatkan dari tugas ini adalah kemampuan untuk memanfaatkan 
rempah-rempah seperti cengkih, pala, dan lada dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar