Jawaban: Sikap budi luhur dilatih melalui pembiasaan. Setiap orang normal berusaha menyesuaikan sikap dengan kelaziman dalam lingkungan sosialnya. Latihan pembiasaan berbudi luhur didapatkan dari...

Sikap budi luhur dilatih melalui pembiasaan. Setiap orang normal berusaha menyesuaikan sikap dengan kelaziman dalam lingkungan sosialnya. Latihan pembiasaan berbudi luhur didapatkan dari...
A. Kebiasaan sehari-hari di lingkungan rumah, tetangga dan kerabat.
B. Pengalaman berguru kepada ahli agama/ kepercayaan
C. Pendidikan budi pekerti di lembaga adat setempat
D. Nasehat-nasehat tertulis dan lisan
E. Kebiasaan perilaku teman sebaya semata

Jawaban: A. Kebiasaan sehari-hari di lingkungan rumah, tetangga dan kerabat.

Kebiasaan dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sosial seperti di rumah, di lingkungan tetangga, serta pergaulan dengan kerabat, dapat menjadi pelatihan yang baik untuk membentuk sikap budi luhur.

Kita bisa mengamati dan mencontoh perilaku baik dari orang-orang di sekitar kita, baik itu keluarga, teman, maupun masyarakat sekitar. Selain itu, pendidikan budi pekerti dan nasehat dari orang tua, guru, dan tokoh agama atau kepercayaan juga dapat membantu membentuk sikap budi luhur.

Namun, tetap diperlukan kesadaran dan kesungguhan diri untuk mengamalkan dan memperbaiki diri agar memiliki sikap budi luhur yang baik.

Komentar