Jawaban: Perjumpaan kebudayaan terjadi karena adanya kepentingan bangsa-bangsa lain untuk datang ke wilayah Nusantara. Selain kepentingan perdagangan (kekayaan hasil bumi nusantara) kemukakan dua faktor lainya yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Nusantara.

Perjumpaan kebudayaan terjadi karena adanya kepentingan bangsa-bangsa lain untuk datang ke wilayah Nusantara. Selain kepentingan perdagangan (kekayaan hasil bumi nusantara) kemukakan dua faktor lainya yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Nusantara.

Jawaban:

Selain kepentingan perdagangan (kekayaan hasil bumi nusantara) dua faktor lainya yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Nusantara, yaitu faktor agama dan faktor kekuasaan politik.

Faktor agama terutama berkaitan dengan upaya penyebaran agama Kristen oleh bangsa Portugis dan Spanyol di abad ke-16. Kedatangan para misionaris tersebut diawali dengan maksud untuk mengubah keyakinan agama penduduk Nusantara yang mayoritas beragama Hindu, Budha, dan Islam, menjadi agama Kristen. Para misionaris ini datang dengan membawa doktrin, kitab-kitab suci, dan juga berbagai pengetahuan dan teknologi Eropa yang baru bagi masyarakat Nusantara.

Sedangkan faktor kekuasaan politik terutama terkait dengan ambisi negara-negara Eropa untuk memperluas pengaruh dan kekuasaan mereka di seluruh dunia. Selain mencari keuntungan ekonomi, mereka juga ingin mendominasi perdagangan dunia dan memperluas wilayah kekuasaan mereka. Oleh karena itu, mereka berusaha mendirikan basis kekuatan di seluruh dunia, termasuk di Nusantara, dengan cara menguasai pelabuhan dan wilayah-wilayah penting di kepulauan tersebut. Hal ini kemudian memicu persaingan dan konflik antara negara-negara Eropa di Nusantara dalam upaya merebut kekuasaan dan keuntungan ekonomi.

Komentar