Jawaban: Makna ritual Hasil Panen wujud rasa syukur atas kemurahan Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan dan penghidupan manusia, terutama karunia-Nya dalam hal....

Makna ritual Hasil Panen wujud rasa syukur atas kemurahan Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan dan penghidupan manusia, terutama karunia-Nya dalam hal....
A. Nafkah dan Keturunan
B. Akal mengendalikan alam
C. Leluhur perantara Tuhan
D. Jalan pengampunan dosa
E. Kekayaan duniawi

Jawaban: A. Nafkah dan Keturunan

Ritual ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang diberikan dan menjadi sumber kehidupan bagi manusia. Selain itu, ritual ini juga melambangkan siklus kehidupan yang terus berulang dan ketergantungan manusia pada alam sebagai sumber kehidupan.

Dalam ritual Hasil Panen, manusia mengakui bahwa Tuhan Yang Maha Esa adalah sumber segala kebaikan dan kemurahan dalam kehidupan dan bahwa manusia sebagai makhluk yang lemah dan terbatas hanya bisa bergantung pada-Nya.

Oleh karena itu, ritual ini juga melambangkan rasa ketergantungan manusia pada Tuhan dan kepercayaan bahwa Tuhan akan terus memberikan rezeki dan berkat bagi kehidupan manusia yang taat dan patuh pada-Nya.

Komentar